5 Fakta Graffiti On Mind, Brand Fashion Milik Kakak Jungkook BTS
ZIGI – Graffiti On Mind atau GRAFFITIONMIND merupakan brand fashion di bawah naungan perusahaan Six6uys yang didirikan oleh kakak Jungkook BTS bernama Jeon Jung Hyun. Baru-baru ini, salah satu sweater keluaran merek tersebut dikenakan oleh Lisa Blackpink.
Sebelumnya, Jungkook BTS menjabat sebagai direktur internal Six6uys namun memutuskan untuk mengundurkan diri setelah terseret kontroversi iklan terselubung.
Bagi kamu yang belum familiar dengan brand fashion milik kakak Jungkook BTS ini, yuk simak fakta Graffiti On Mind lewat artikel di bawah ini!
Baca Juga: Kasus Jungkook BTS Terkait Iklan Terselubung Ditutup Tanpa Investigasi
1. Awal Mula Didirikan Perusahaan Six6uys oleh Kakak Jungkook BTS
Jungkook BTS memiliki satu orang kakak laki-laki bernama Jeon Jung Hyun yang dua tahun lebih tua darinya karena merupakan kelahiran 1995. Sang kakak dikenal punya ketertarikan terhadap seni dan sangat jago menggambar.
Dalam berbagai kesempatan, Jungkook BTS sering membagikan hasil karya sang kakak yang didominasi oleh gambar karakter-karakter kartun di media sosial.
Ternyata, jiwa seni Jeon Jung Hyun juga berkesinambungan dengan kesukaannya dalam dunia fashion. Pada Mei 2021, Jeon Jung Hyun mendaftarkan perusahaan miliknya bernama Six6uys yang bergerak di bidang pakaian serta aksesoris.
Sejak awal, Jungkook BTS diketahui menjabat sebagai direktur internal perusahaan Six6uys bersama sang kakak.
2. Tentang Brand Fashion Brand Graffiti On Mind atau GRAFFITIONMIND
Berselang empat bulan setelah peresmian Six6uys, Jeon Jung Hyun meluncurkan brand fashion bernama GRAFFITIONMIND atau Graffiti On Mind.
Berdasarkan informasi yang ada, Graffiti On Mind didasarkan pada dua identitas yaitu ‘Low Level Culture’ dan ‘Art’. Brand ingin menonjolkan semangat memberontak generasi tua lewat berbagai karya kreatif serta berkualitas.
Slogan utama dari Graffiti On Mind adalah ‘Bombing Around the World’, berasal dari ungkapan yang mengutip kata ‘Bombing’ yang merupakan akar dari Graffiti. ‘Bombing’ sendiri memiliki makna ganda. Bisa diartikan sebagai membom seluruh dunia dan mengukir warna di seluruh dunia.
Sedangkan logo Graffiti On Mind menghadirkan desain garis-garis kekinian yang disesuaikan dengan target pasar yaitu anak muda.
Melansir website resmi Graffiti On Mind, brand ini menjual aksesoris dan baju-baju unisex. Mulai dari jaket, sweater, kaos lengan panjang, celana training, kaos kaki, shoulder bag, serta bucket hat. Harganya berkisar dari 59 ribu won (Rp703 ribu) hingga 389 ribu won (Rp4,6 juta).
3. Jungkook BTS Sering Pakai Baju dari Brand Graffiti On Mind
Tentu saja, Jungkook BTS tak pernah absen memberikan dukungan kepada brand fashion milik sang kakak dengan selalu mengenakan baju-baju dari Graffiti On Mind. Mulai dari saat tampil di siaran langsung hingga foto postingan di akun Twitter.
Salah satu baju Graffiti On Mind yang paling terkenal usai dikenakan oleh Jungkook adalah sweater warna ungu dan abu-abu. Produk dengan nama Incision Long Sleeve Tee tersebut dibanderol dengan harga 119 ribu won atau Rp1,4 juta.
4. Brand Graffiti On Mind Milik Kakak Jungkook BTS Terseret Kontroversi Iklan Terselubung
Pada September 2021, mendadak muncul kabar tentang Jungkook BTS mengundurkan diri dari jabatan direktur internal perusahaan Six6uys. Ternyata, keputusan tersebut merupakan imbas dari tudingan netizen terhadap artis asuhan BigHit Music itu terkait iklan terselubung.
Iklan terselubung atau backdoor online advertising mengacu pada praktik selebriti Korea yang mempromosikan produk tanpa mengungkap bentuk kerjasama berbayar antara kedua belah pihak.
Meski Jungkook tidak secara gamblang menyebut nama brand baju yang dia kenakan, sudah sukses membuat penggemar terlanjur penasaran. Akhirnya, mereka mencari tahu tentang produk yang dipakai Jungkook dan hal ini diklaim bisa meningkatkan keuntungan besar bagi perusahaan brand Graffiti On Mind.
Jungkook diduga sengaja memberikan eksposur terhadap produk dari brand sang kakak, tanpa mengungkap kalau dia juga direktur di perusahaan tersebut. Karena merasa terbebani, idol kelahiran 1997 itu memutuskan untuk mundur dari posisi sebagai direktur.
Sayangnya pada Oktober 2021, Jungkook BTS dilaporkan ke Fair Trade Commission atau Komisi Perdagangan di Korea Selatan atas tudingan melakukan iklan terselubung. Untungnya, kasus ini ditutup tanpa adanya investigasi karena Jungkook terbukti tidak bersalah.
5. Sweater dari Brand Graffiti On Mind Dipakai Lisa Blackpink
Pada Kamis, 6 Januari 2022, Lisa Blackpink memperbarui akun Instagram pribadinya @lalalalisa_m dengan mengunggah serangkaian foto baru. Kala itu, dia mengenakan sweater warna biru serta gambar bunga di tengahnya.
Terungkap bahwa baju yang dikenakan Lisa berasal dari brand Graffiti On Mind dengan nama produk Tulip Cashmere Knit Sweater (Sky Blue). Harga dari baju tersebut adalah 139 ribu won atau setara dengan Rp2,2 juta.
Beberapa penggemar langsung heboh usai mengetahui hal ini, terutama para shipper Jungkook BTS dan Lisa Blackpink. Itulah sederet fakta Graffiti On Mind, brand fashion milik kakak Jungkook BTS bernama Jeon Jung Hyun, yang berada di bawah naungan perusahaan Six6uys.
Baca Juga: Penjelasan Komisi Perdagangan soal Kontroversi Iklan Jungkook BTS