Biasa Dikritik, Iklan Produk di Drama Business Proposal Justru Dipuji

Image title
25 Maret 2022, 17:39
Drama Business Proposal
SBS
Drama Business Proposal

ZIGI – Netizen memuji cara tim produksi dalam memasukkan iklan produk atau product placement (PPL) di drama Business Proposal karena dianggap tidak mengganggu adegan. Proyek akting dibintangi Kim Sejeong dan Ahn Hyo Seop ini lagi-lagi berhasil mencuri perhatian.

Sudah hampir satu bulan tayang, drama Business Proposal masih menjadi tontonan favorit banyak orang. Yuk simak berita terbaru Business Proposal di bawah ini!

Baca Juga: 4 Foto Ending Business Proposal, Shin Ha Ri dan Kang Tae Moo Menikah

Produk Makanan Bibigo Muncul di Drama Business Proposal Sebagai PPL

Kang Tae Moo jelaskan PPL di Business Proposal
Photo : SBS
Kang Tae Moo jelaskan PPL di Business Proposal

Demi kesuksesan sebuah drama, tentu jalinan kerja sama antara brand dan pihak produksi sangatlah penting. Hal ini termasuk menggaet sponsor untuk keperluan iklan atau promosi.

Biasanya, produk yang diiklankan akan muncul dalam drama selama beberapa detik dan dinikmati oleh para pemain.

Dalam drama Business Proposal, diceritakan Kang Tae Moo (Ahn Hyo Seop) adalah CEO dari perusahaan makanan fiktif bernama GO FOOD. Di salah satu episode, sempat ditampilkan produk GO FOOD yang ternyata berasal dari brand makanan asal Korea Selatan, Bibigo.

Kala itu, Kang Tae Moo mengunjungi perusahaan di Amerika untuk membahas cara mengglobalkan makanan tradisional kimchi dan pangsit. Dia sempat menjelaskan keunggulan produk kimchi yang menggunakan kemasan mirip pot tradisional Korea.

Hal yang paling menarik perhatian adalah saat Ahn Hyo Seop sebagai Kang Tae Moo, mendeskripsikan produk tersebut menggunakan bahasa Inggris. Jadi PPL di drama Business Proposal ini ‘dipromosikan’ langsung oleh sang karakter utama.

 

Penempatan Iklan Produk di Drama Business Proposal Tuai Pujian

Ahn Hyo Seop
Photo : SBS
Ahn Hyo Seop

Ternyata adegan PPL tersebut menuai reaksi positif dari penonton. Mereka takjub dengan cara Ahn Hyo Seop menjelaskan produk kimchi tersebut, yang sebenarnya berasal dari brand Bibigo.

Di episode lain, Kang Tae Moo juga kembali mempromosikan PPL. Namun kali ini membahas produk Bibigo berupa pangsit. Cara penyampaian aktor kelahiran 1995 tersebut lagi-lagi menuai pujian. 

Orang cenderung menganggap makanan Korea sebagai 'makanan rumah' atau sebagai makanan sehat yang dibuat dengan cinta dan perhatian. Mari kita fokus pada itu,” kata Kang Tae Moo di drama Business Proposal.

Dengan ini, netizen Korea berpendapat bahwa penempatan produk iklan di Business Proposal tidak menganggu drama sama sekali. Juga karena cocok dengan narasi sang karakter utama yang kebetulan seorang CEO perusahaan produk makanan.

Netizen Korea juga terkesan dengan Ahn Hyo Seop yang secara akurat memperkenalkan dan mempromosikan makanan tradisional Korea kepada para penonton drama Business Proposal secara tidak langsung.

Product placement atau PPL di drama Korea biasanya menuai kritik karena sering dilakukan berlebihan. Sampai-sampai mengganggu suatu adegan. Namun berbeda dengan drama Business Proposal yang justru menuai pujian.

Baca Juga: Drama The Penthouse 3 Dikecam, Dinilai Iklankan Produk Berlebihan

Baca artikel ini lewat aplikasi mobile.

Dapatkan pengalaman membaca lebih nyaman dan nikmati fitur menarik lainnya lewat aplikasi mobile Katadata.

mobile apps preview

Cek juga data ini

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...