Gen Z Paling Hobi Belanja Fashion Secara Kredit Pakai PayLater

Image title
13 Januari 2022, 10:42
Ilustrasi gen Z
Pexels
Ilustrasi gen Z

ZIGI – Zigi.id bersama Katadata Insight Center (KIC) merilis hasil survei “Perilaku Keuangan Gen Z dan Y” pada Kamis, 13 Januari 2022. 

Survei ini dilakukan online terhadap 5.204 responden dari 34 provinsi pada 6-12 September 2021. Secara umum, survei ini menggali kondisi keuangan masyarakat di tengah pandemi.

Survei Zigi.id mengenai perilaku keuangan ini juga menggali perilaku keuangan kelompok generasi Z dan Y dalam memanfaatkan fasilitas kredit/paylater. Yuk simak hasilnya!

Baca juga: Survei Zigi-KIC: Gen Z Lebih Pilih Punya e-Wallet Dibanding ATM Bank

Penggunaan Kredit/PayLater

Penggunaan kredit Gen Z dan Y
Photo : Survei KIC
Penggunaan kredit Gen Z dan Y

Dalam survei ini responden generasi Z berusia 15-22 tahun dan berjumlah 1.692 responden, sedangkan generasi Y berusia 23-38 tahun dengan jumlah 2.862.

Pada Generasi Y, paylater digunakan 16,5% responden sedangkan pada Gen Z, terdapat 9,7% yang menggunakannya. 

Gen Y dan Gen Z memanfaatkan fasilitas kredit saat pembelian barang/produk ini untuk prioritas berbeda. Pada Generasi Millenial, 49% responden mengatakan menggunakan kredit/paylater untuk membeli handphone. Lalu 46,4% menggunakanya untuk membeli produk fashion, pulsa (42,6%), dan elektronik (44%).

Generasi Z yang menggunakan kredit/paylater membeli kebutuhan fashion jauh lebih banyak dibanding generasi sebelumnya. Sebanyak 61% Gen Z mengatakan menggunakan paylater untuk membeli produk fashion seperti baju, celana, sepatu dan lainnya.

Lebih setengah responden Gen Z juga membeli pulsa (56,6%) dengan kredit. Sedang untuk kebutuhan lain seperti membeli gadget dan elektronik hanya dilakukan kurang dari seperempat responden (di bawah 25%). 

“Pada Generasi Z selain fashion, tampaknya kebutuhkan komunikasi menjadi prioritas dan paling banyak menyedot keuangan. Ini terlihat dari uraian kebutuhan rutin bulanan generasi ini,” ujar Vivi.

Dari 1.692 responden Generasi Z dari usia 15-22 tahun yang ikut dalam survei ini, sebanyak 72,9% menyebut biaya komunikasi (pulsa dan internet) sebagai kebutuhan rutinnya. Diikuti belanja bahan makanan (51,2%), bahan bakar (34,9%) dan membayar tagihan rutin (32,3%).  

Baca selengkapnya “Hasil survei Perilaku Keuangan Z dan Y” yang dilakukan Zigi.id bersama Katadata Insight Center di sini.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...