Kemenangan Jokowi di Depan Mata, Rupiah Diprediksi Menguat

Image title
Oleh
21 Juli 2014, 15:31
No image
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? Kurs rupiah diprediksi menguat setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan secara resmi hasil pemilihan presiden (pilpres). Penguatan rupiah tersebut seiring dengan perkiraan bahwa Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, yang akrab dipanggil Jokowi, memenangkan pilpres.

Berdasarkan real count sementara KPU yang sudah mencakup 71,43 persen suara, pasangan Jokowi-Jusuf Kalla memenangkan 52,39 persen suara. Sementara pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa meraih 47,61 persen suara.

Advertisement

Sejumlah ekonom dan analis yang disurvei Katadata memprediksi kurs rupiah akan berada di kisaran Rp 10.800-Rp 11.500 per dolar Amerika Serikat (AS) jika Jokowi berhasil memenangkan kursi presiden.

Namun, penguatan rupiah itu bisa saja terhambat jika Prabowo menggugat hasil rekapitulasi KPU ke Mahkamah Konstitusi. Diprediksi rupiah bisa kembali ke level Rp 12.000 jika Prabowo tidak mau menerima hasil rekapitulasi KPU.

?Kalau hasilnya sesuai harapan, maka rupiah akan berada di kisaran Rp 10.800-Rp 11.200 per dolar AS. Tapi kalau tidak sesuai harapan, rupiah bisa tembus Rp 12.000-Rp 12.300 kata Satrio Utomo, Kepala Riset Universal Broker Indonesia, saat dihubungi Katadata, Senin (21/7).

Meski begitu, investor menilai penguatan rupiah setelah pengumuman KPU nanti hanya akan berlangsung untuk jangka pendek. Apalagi, pengumuman KPU itu berdekatan dengan masa libur lebaran. ?Ini hanya euforia sesaat hasil pemilu saja. Karena setelah itu ada libur lebaran,? ujar Kiswoyo Adi Joe, Managing Partner Infovesta Saran Mandiri.

Dalam perhitungannya, rupiah akan berada di level Rp 11.200 per dolar AS jika Jokowi yang diumumkan sebagai presiden. Adapun jika Prabowo menang rupiah akan melemah di kisaran Rp 11.800-Rp 12.000 per dolar AS.

Menurut Saktiandi Supaat, Head of Research Foreign Exchange Maybank, pasar masih memposisikan kemenangan Jokowi dalam pengumuman KPU besok. Hal ini terlihat dari aliran dana asing yang mencapai US$ 215,1 juta sepanjang pekan lalu, sekaligus mendorong penguatan rupiah.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati, Aria W. Yudhistira, Safrezi Fitra
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement