Jokowi Dilantik, IHSG dan Rupiah Melambung

Image title
Oleh
20 Oktober 2014, 10:56
Saham KATADATA|Arief Kamaludin
Saham KATADATA|Arief Kamaludin
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? Pelantikan Joko Widodo sebagai presiden hari ini, Senin (20/10), memberikan sentimen positif pada pasar saham dan rupiah. Analis percaya indeks harga saham gabungan (IHSG) dan rupiah melanjutkan penguatannya sejak akhir pekan lalu.

Setelah pertemuan Joko Widodo dan Prabowo pada akhir pekan lalu, rupiah dan indeks langsung menguat dan merupakan tertinggi di kawasan Asia.

Adapun pada hari ini, indeks dibuka menguat ke level 5.068, dari penutupan Jumat lalu di level 5.028. IHSG kembali menguat hingga hampir menyentuh 5.100, saat menjelang pelantikan Joko Widodo sebagai presiden. Sementara pada saat yang sama, rupiah menguat hampir mencapai level Rp 12.000 per dolar Amerika Serikat, dari penutupan sebelumnya di posisi Rp 12.155 per dolar.

Analis First Asia Capital David Nathanael Sutyanto mengatakan pasar mengalami euforia pelantikan presiden baru. Ini karena pemerintahan baru dianggap memberi harapan baru. David memperkirakan IHSG akan berada pada posisi 5.100 hari ini. 

"Jadi euforianya bukan hanya di social media, tapi juga di pasar modal. Apalagi hari ini asing mencatatkan net buy Rp 345 miliar," kata David, kepada Katadata, hari ini.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...