Jokowi Presiden Pertama yang Umumkan Sendiri Kenaikan Harga BBM

Aria W. Yudhistira
18 November 2014, 17:48
Katadata
KATADATA | CC Harjono
Presiden Joko Widodo saat menghadiri acara pesta rakyat di Monumen Nasional, Jakarta 20 Oktober 2014.

KATADATA ? Sejak Reformasi, Joko Widodo adalah presiden pertama yang mengumumkan sendiri kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Pada masa pemerintahan sebelumnya, kenaikan harga BBM diumumkan oleh pejabat setingkat menteri.

Pada masa pemerintahan Abdurrahman Wahid, kenaikan harga BBM terjadi dua kali. Masing-masing diumumkan oleh Menko Perekonomian Rizal Ramli dan Menko Perekonomian Burhanuddin Abdullah.

Advertisement

Begitu pula pada pemerintahan Megawati Sukarnoputri. Dua kali kenaikan harga pada periode itu diumumkan oleh Menko Perekonomian Dorodjatun Kuntjoro-Jakti. (Baca: Harga Premium dan Solar Resmi Naik Rp 2.000 per Liter)

Susilo Bambang Yudhoyono tiga kali menaikkan harga BBM dan tiga kali pula menurunkan harga BBM. Pengumuman kenaikan harga BBM dilakukan oleh para menterinya, sedangkan ketika menurunkan SBY memilih untuk mengumumkan sendiri.

Alhasil langkah Jokowi, panggilan akrab Joko Widodo, mengumumkan sendiri kenaikan harga BBM menunjukkan keberaniannya untuk tidak populer. Menurut Wakil Presiden Jusuf Kalla, rencananya pengumuman kenaikan akan dilakukan oleh menteri terkait, tapi akhirnya diputuskan presiden yang akan melakukannya sendiri.

?Ini menunjukkan risiko apa pun akan ditanggung Presiden. Kami siap tak populer dengan kebijakan ini,? kata Kalla saat membuka seminar ?Risk and Governance Summit 2014? di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Selasa (18/11).

Padahal, kenaikan harga BBM sangat rentan dijadikan komoditas politik bagi penentang pemerintah. (Baca: Ketimpangan Subsidi Energi)

Halaman:
Reporter: Aria W. Yudhistira, Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement