Pelemahan KPK Mulai Pengaruhi Pasar

Safrezi Fitra
26 Januari 2015, 18:13
Saham KATADATA | Arief Kamaludin
Saham KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? Pasar saham Indonesia mencapai rekor baru tertinggi akhir pekan lalu, mencapai level 5.323 pada Jumat (23/1). Indeks mengalami penguatan dalam lima hari dengan kenaikan 3,4 persen dalam sepekan. Mengawali pekan ini, indeks malah berbalik melemah cukup dalam hari ini.

Hari ini, Senin (26/1), indeks harga saham gabungan (IHSG) turun 1,2 persen dan kembali ke level 5.260. Analis mengatakan penurunan indeks disebabkan oleh kisruh di Yunani dan situasi politik dalam negeri.

Analis KDB Daewoo Betrand Raynaldi mengatakan kedua faktor tersebut membuat investor khawatir sehingga berdampak pula pada penurunan Indeks hari ini. Kemenangan partai oposisi pada pemilu di Yunani membuat pasar khawatir negara ini akan keluar dari Uni Eropa.

Di dalam negeri, perselisihan antara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Polri yang berlanjut hingga penetapan pimpinan KPK sebagai tersangka. Setelah penetapan Wakil Ketua KPK Bambang Widjajanto sebagai tersangka, status yang sama juga akan dialami oleh dua pimpinan lainnya, yakni Adnan Pandu Praja dan Zulkarnain. Hal ini menimbulkan kekhawatiran pasar terkait upaya pemberantasan korupsi pada pemerintahan Jokowi.

"Sebenarnya politiknya sudah bagus. Tapi karena masalah itu, membuat pasar ragu apakah masalah korupsi bisa diselesaikan atau tidak? Pasar akan melihat koordinasi antara Joko Widodo dan bawahannya," kata Betrand kepada Katadata, Senin (26/1).

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...