Anggaran Kesehatan Indonesia Salah Satu yang Terendah di Dunia

Image title
Oleh
18 Februari 2015, 18:39
Katadata
KATADATA
Aktivitas di kantor BPJS Kesehatan, Jakarta, beberapa waktu lalu.

KATADATA ? Bank Dunia menyebut alokasi dana kesehatan Indonesia merupakan salah satu yang terendah di dunia. Posisi Indonesia hanya kalah dari Sudan Selatan, Chad, Myanmar, dan Pakistan.

Ekonom Bank Dunia Cristobal Ridao-Cano mengatakan, anggaran kesehatan Indonesia saat ini hanya 1,2 persen terhadap produk domestik bruto (PDB). Dia berharap pemerintah dapat meningkatkan rasio dana kesehatan menjadi 2,5 persen pada 2019, dan mencapai 5 persen pada 2024.

Padahal, peningkatan layanan kesehatan dasar merupakan salah satu faktor yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi.

?Bukan hanya pertumbuhan ekonomi, tapi juga mewujudkan pertumbuhan inklusif yang dinikmati banyak orang. Kesehatan erat kaitannya dengan investasi besar di bidang sumber daya manusia,? kata dia di kantornya, Jakarta, Rabu (18/2).

Untuk diketahui, anggaran pemerintah untuk sektor kesehatan yang tercantum dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2015 sebesar Rp 24,2 triliun. Meningkat sebesar Rp 3 triliun dari alokasi dalam APBN 2015 yang sebesar Rp 21,1 triliun. Sedangkan anggaran kesehatan pada APBN 2014 tercatat jauh lebih kecil, yaitu Rp 12,1 triliun.

Cano mengakui dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah Indonesia gencar memperbaiki sektor kesehatan dasar ini. Misalnya, angka harapan hidup yang meningkat dari usia 68 pada 2002 menjadi 71 pada 2012. Namun kesenjangan pelayanan kesehatan ini memang tetap terlihat, terutama jika membandingkan Pulau Jawa dengan Papua.

Halaman:
Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...