Asing Tertarik Bangun Perekonomian di Indonesia Timur

Safrezi Fitra
25 Mei 2015, 15:59
Katadata
KATADATA

KATADATA ? Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyebut sudah ada beberapa investor yang siap untuk ikut membangun kawasan ekonomi terpadu di wilayah timur Indonesia. Salah satunya perusahaan perikanan asal Belanda dan perusahaan biomasa dari Cina.

"Ada banyak lagi (investor asing yang berminat) dalam pipeline kami. Tapi inisiatifnya kan baru tiga bulan lalu," kata Ketua Bidang Investasi, Perbankan dan Pengembangan Usaha Wilayah Timur Kadin Reza V Maspaitella, dalam diskusi 'Trade and Investment Forum: East Indonesian Regions', yang digelar Kadin Indonesia di Jakarta, Senin (25/5).

Ada beberapa potensi proyek kawasan terpadu yang akan digarap investor. Beberapa diantaranya, kawasan perikanan di Ambon, kawasan peternakan di Nusa Tenggara Barat (NTB), kawasan pertanian coklat di Sulawesi Selatan, dan kawasan industri terpadu di Nusa Tenggara Timur.

Dia menyebut potensi investasi dari proyek pengembangan ekonomi kawasan terpadu ini mencapai lebih dari US$ 50 juta. Setiap potensi proyek, akan ditindaklanjuti dengan penandatanganan beberapa kerjasama konkrit baik dengan swasta maupun pemerintah.

Kadin Indonesia mencatat saat ini sudah ada komitmen investasi dengan Eropa senilai US$ 1 milliar. Nilai ini bisa bertambah hingga US$ 20 milliar, bila proyek yang dilakukan sesuai rencana.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...