28,5 Juta Rumah Tangga Mampu, Menikmati Subsidi Listrik

Image title
Oleh
24 Juni 2015, 19:12
listrik.jpg
KATADATA/ Donang Wahyu

KATADATA ? Pemerintah menyebut hingga saat ini penyaluran subsidi listrik banyak yang tidak sasaran. Ada sekitar 28,5 juta rumah tangga mampu yang juga mendapat subsidi listrik.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan saat ini jumlah konsumen yang menikmati subsidi listrik yakni kapasitas 450 sampai 900 voltampere (VA) mencapai 44 juta rumah tangga. Padahal jumlah rumah tangga yang masuk dalam kategori tidak mampu hanya 15,5 juta .

Advertisement

"Mereka hanya bayar listrik 30 persen dari harga keekonomian," kata dia di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (24/6).

Menurut dia, berdasarkan data PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) juga mencatat banyak orang kaya yang mendapat  subsidi listrik. PLN menemukan banyak pelanggan listrik 900 VA, tapi memiliki dua unit mobil.

Meski demikian, kata Sudirman, pemerintah tidak akan menghapus subsidi listrik. Ke depannya pemerintah hanya akan memperbaiki skema subsidi, agar penyalurannya lebih tertata dan tepat sasaran.

Dia mengatakan saat ini pihaknya sedang membuat regulasi untuk pengaturan skema subsidi ini. Salah satu opsi yang akan dilakukan adalah dengan menggunakan sistem kartu. Kartu ini akan dibagikan kepada masyarakat yang tidak mampu. Subsidi listrik hanya akan dinikmati oleh pemegang kartu tersebut.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati, Arnold Sirait
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement