Pertamina Kerja Sama dengan Pelni dan Pupuk Indonesia

Aria W. Yudhistira
1 Juli 2015, 15:13
Katadata
KATADATA
(Ki-ka) Direktur Utama Pupuk Indonesia Arifin Tasrif, Menteri BUMN Rini Soemarno, Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto, Direktur Pelni Elfien Guntoro seusai penandatanganan kerja sama sinergi BUMN di Kementerian BUMN, Rabu (1/7).

KATADATA ? PT Pertamina (Persero) melakukan kerja sama dengan dua badan usaha milik negara (BUMN), yakni PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) dan PT Pupuk Indonesia Persero). Kerja sama tersebut merupakan bentuk sinergi di antara perusahaan pelat merah. 

Dalam kerja sama dengan PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni), kedua BUMN sepakat dalam penyaluran bahan bakar minyak (BBM) dan elpiji. Nantinya, Pelni akan menyediakan kapal untuk mengangkut BBM dan minyak mentah dari Pertamina secara nasional.

Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Ahmad Bambang mengatakan, jangka waktu kerja sama ini selama lima tahun dan dapat diperpanjang. ?Minimal satu unit kapal angkut dengan ukuran tertentu sesuai spesifikasi dan persyaratan yang dibutuhkan Pertamina,? kata dia di Kementerian BUMN, Rabu (1/7).

Di sisi lain, kapal-kapal Pelni tersebut nantinya akan menggunakan oli dan BBM dari Pertamina. ?Jadi sama-sama menguntungkan,? kata Direktur Utama Pelni Elfien Goentoro.

Saat ini, pengangkutan minyak masih menggunakan satu kapal dari 16 kapal yang disediakan Pelni. ?Karena masih percobaan, jadi pakai satu kapal dulu. Dicoba angkut ke satu wilayah untuk melihat bagaimana hasilnya,? kata dia.

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...