Sri Mulyani-Rizal Ramli Masuk Bursa Menteri Ekonomi

Redaksi
Oleh Redaksi
1 Juli 2015, 15:37
Katadata
KATADATA
Sri Mulyani & Rizal Ramli

KATADATA ? Peluang Sri Mulyani Indrawati untuk kembali menduduki kursi menteri di bidang ekonomi semakin menguat.  Nama lain yang disebut-sebut tengah dipertimbangkan masuk ke tim ekonomi kabinet, yakni Rizal Ramli.

Sri dan Rizal Ramli sama-sama pernah menduduki posisi Menteri Koordinator Perekonomian dan Menteri Keuangan. Sri kini menjabat sebagai Managing Director Bank Dunia yang bermarkas di Washington D.C. Sedangkan Rizal Ramli kini menjabat sebagai Komisaris Utama Bank Negara Indonesia (BNI).

Nama kedua ekonom senior itu muncul di tengah kian santernya isu rencana perombakan kabinet, yang kabarnya akan dilakukan setelah hari raya Idul Fitri. Jokowi memang tengah mengevaluasi kinerja seluruh menteri.

Evaluasi tersebut bisa berujung pada perombakan atau pergantian menteri. Tim ekonomi baru diharapkan bisa mengatasi setumpuk masalah ekonomi jangka pendek saat ini. Mulai dari perlambatan pertumbuhan ekonomi, anjloknya mata uang rupiah, hingga kenaikan harga barang-barang kebutuhan pokok. 

Menurut sumber Katadata, Rizal Ramli dan Sri sama-sama dipertimbangkan untuk memegang jabatan sebagai Menko Perekonomian, menggantikan Sofyan Djalil. Namun, Sri diharapkan lebih mengisi posisi Menteri Keuangan yang sangat strategis, untuk menggantikan Bambang P.S. Brodjonegoro.

Persoalannya, jika Sri diplot menjadi Menteri Keuangan, dirasa belum ada sosok yang tepat untuk mengisi kursi Menko Perekonomian. ?Perlu orang yang lebih senior sebagai Menko kalau Sri Mulyani menjadi Menteri Keuangan,? kata sumber tersebut. ?Dan jika Rizal Ramli yang menjadi Menko Perekonomian, tampaknya chemistry dan style keduanya tidak cocok.

Halaman:
Reporter: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...