Total E&P Cari Mitra Untuk Kelola Tiga Blok Migas

Safrezi Fitra
9 Juli 2015, 11:06
Katadata
KATADATA

KATADATA ? Total E&P Indonesie mengaku sedang mencari mitra untuk melakukan eksplorasi tiga blok migas di laut dalam. Tiga blok migas tersebut adalah Blok Sageri di Selat Makassar Sulawesi Selatan, Blok Telen di Kalimantan Timur, dan Blok Mentawai di Bengkulu.

Vice President Geoscience & Reservoir Total E&P Indonesie Noor Syarifuddin mengatakan kegiatan eksplorasi di tiga blok tersebut sebenarnya sudah dilakukan sejak 2009. Masalahnya, eksplorasi di laut dalam membutuhkan investasi yang besar, tingkat risikonya juga sangat tinggi. Total tidak berani menanggung hal ini sendiri.

Lokasi eksplorasi dari tiga blok migas tersebut berada di daerah terpencil, sehingga membutuhkan dana yang besar. Untuk satu sumur saja membutuhkan investasi lebih dari US$ 80 juta. Belum lagi, risiko kegagalan proyek tersebut sangat besar.

"Dengan tingkat keberhasilan yang relatif kecil, kami tidak ingin menanggung resiko itu sendirian. Kami cari partner yang strategis, tidak tahu teknologinya enggak masalah, tapi dia bisa ikut menanggung biaya. Jadi partner itu ada dua macam. Strategis dari segi teknologi maupun dari segi finansial," kata Noor di kantornya, Selasa (7/7).

Dia mencontohkan pengalaman di salah satu blok tersebut, yakni Blok Mentawai. Total telah melakukan pengeboran di Blok Mentawai, tapi hasilnya tidak baik. Blok tersebut memang terbukti memiliki cadangan gas, tapi perhitungan bisnisnya tidak menguntungkan. Saat ini Total telah mendapatkan persetujuan dari Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) untuk pengambilan data seismik. Targetnya bulan depan Total bisa melakukan survei kembali di blok tersebut.

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...