Blok Mahakam Akan Pasok 660 Ton Gas untuk Industri di Kaltim

Safrezi Fitra
15 Juli 2015, 12:16
migas
KATADATA

KATADATA ? Industri di Kalimantan Timur (Kaltim) akan mendapat pasokan gas alam cair (liquefied natural gas/LNG) yang diproduksi dari Blok Mahakam. Total LNG yang akan disalurkan dari blok migas tersebut sebesar 660 ton hingga akhir tahun ini

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Wianda Pusponegoro mengatakan pihaknya telah menandatangani perjanjian jual beli LNG dengan kontraktor kontrak kerjasama (KKKS) Blok Mahakam, yakni Total E&P Indonesie dan Inpex Corporation.

"LNG ini untuk memenuhi kebutuhan industri baik itu pertambangan maupun komersil di Provinsi Kalimantan Timur," kata Wianda dalam keterangannya, kemarin.

Industri yang akan membeli gas ini pun sudah ada. Anak usaha Pertamina, PT Pertagas Niaga telah memiliki komitmen pembelian dari empat perusahaan, yaitu PT Cipta Krida Tama, PT Rukun Raharja, Berau Coal/BSB, dan PT Kaltim Prima Coal/Thiess.

Menurut Wianda, pengiriman LNG untuk konsumen akan dilakukan dengan menggunakan truk tangki berkapasitas 20 meter kubik. Pertamina pun sudah membangun stasiun pengisian gas (filling station) di kilang Bontang dengan kapasitas 200 juta kaki kubik per hari (MMSCFD).

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...