Jonan: Pelindo II dan KAI Sepakat Kereta Masuk Tanjung Priok

Aria W. Yudhistira
14 September 2015, 16:01
Katadata
KATADATA
Jalur kereta peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok. Menko Kemaritiman RIzal Ramli menginginkan kereta menjadi alat angkut kontaniner.

KATADATA ? Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menyatakan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II (Persero) dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah sepakat untuk mengaktifkan kembali jalur kereta di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

?Mereka (Pelindo II) bicara sendiri dengan KAI, saya hanya fasilitasi dan (sudah) sepakat,? kata Jonan seusai rapat koordinasi di kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Senin (14/9).

Advertisement

Perbedaan pandangan antara Pelindo II dan KAI terkait pembangunan jalur kereta api yang menghubungkan Pelabuhan Tanjung Priok dengan Cikarang Dry Port. KAI menginginkan jalur kereta bisa masuk ke kawasan pelabuhan, sehingga dapat mengangkut kontainer antara 40 Twenty Foot Equivalent Units (TEUs)-60 TEUs sekali angkut.

Sedangkan Pelindo II lebih memilih membangun kanal Cikarang-Bekasi Laut sepanjang 40 kilometer (km). Direktur Utama Pelindo II R.J. Lino pernah menyampaikan, perseroan akan mulai membangun proyek kanal Cikarang-Bekasi Laut pada November tahun ini. Rencananya, proyek itu akan memakan investasi Rp 3,5 triliun. Nantinya, kanal itu akan dapat dilewati oleh dua tongkang dari arah berlawanan dengan kapasitas masing-masing antara 72 TEUs hingga 144 TEUs.

?Memang saat itu pandangan Pelindo II melihat bahwa jalur kereta (ke pelabuhan Priok) tidak akan berguna,? kata Jonan beberapa hari lalu.

 Di kesempatan yang sama Deputi II Bidang Koordinasi Sumber Daya Alam dan Jasa Kemenko Kemaritiman Agung Kuswandono menjelaskan, saat ini hanya tinggal 2 km lahan untuk pembangunan rel yang belum dibebaskan.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement