Jokowi Tak Instruksikan Menteri Yuddy Publikasikan Rapor Menteri

Yura Syahrul
6 Januari 2016, 11:54
Pelantikan Kabinet Kerja
setkab.go.id
Pelantikan Kabinet Kerja di Istana Negara, Jakarta, Oktober 2015.

KATADATA - Kehebohan pembuatan peringkat kinerja kementerian dan lembaga negara (K/L) dan pengumumannya oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Yuddy Chrisnandi, terus bergulir. Presiden Joko Widodo mengakui pernah mendapatkan laporan penilaian kinerja tersebut dari Menteri PAN-RB. Namun, Presiden tidak pernah menginstruksikan untuk menyampaikan hasil penilaian tersebut ke publik.

“Dari hasil konsultasi dengan Presiden, Menteri Yuddy memang pernah menyampaikan (kinerja K/L). Tapi tidak diketahui seluruh anggota kabinet, kemungkinan juga disampaikan ke wakil presiden,” kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung kepada wartawan di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa malam (5/1), seperti dikutip dari situs Sekretariat Kabinet.

Adapun publikasi penilaian kinerja kementerian tersebut kepada publik bukan atas perintah Jokowi, melainkan semata bentuk kreativitas Menteri Yuddy. “Dianggap sebagai kreativitas saja,” kata Pramono, mengutip pendapat Jokowi atas “ulah” Menteri Yuddy tersebut.

Menurut Pramono, seharusnya penilaian kinerja menteri tidak disampaikan kepada publik karena cuma merupakan konsumsi untuk presiden dan wakil presiden. Selain itu, bila mengacu kepada Peraturan Presiden (Perpres) No. 24, 25, 26 Tahun 2014 maka pihak yang memberikan masukan monitoring dan evaluasi K/L adalah Kantor Staf Presiden (KSP), Sekretariat Kabinet dan Sekretariat Negara. Hal tersebut sesuai dengan fungsi dan tugas ketiga lembaga ini untuk melaporkannya kepada Presiden.

(Baca: Reshuffle Kabinet, Jokowi Didorong Perbanyak Menteri dari Profesional)

Halaman:
Reporter: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...