Harga Minyak Rendah, Proyek Jangkrik Berjalan Sesuai Jadwal

Safrezi Fitra
25 Februari 2016, 15:39
Migas
Katadata | Dok.

KATADATA – Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) memperkirakan proyek Jangkrik akan mulai beroperasi tahun depan. Proyek laut dalam (deep water) ini merupakan salah satu proyek migas terbesar di Indonesia, selain IDD Chevron dan Blok Masela.

Kepala Humas SKK Migas Elan Biantoro mengatakan sejauh ini proyek gas Lapangan Jangkrik di blok Muara Bakau berjalan sesuai jadwal yang direncanakan ENI, sebagai operator. Proyek ini tidak mengalami kendala besar, meski dalam kondisi harga minyak yang sedang rendah saat ini.

"Mereka (ENI) selalu update proyek mereka setiap bulan, tapi saya lupa angkanya berapa," ujar Elan kepada Katadata, Kamis (25/2). (Baca: Harga Minyak Anjlok, Chevron Tunda Dua Lapangan Proyek IDD)

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) I.G.N. Wiratmaja Puja juga menyatakan proyek Jangkrik masih tetap berjalan. Saat ini perkembangan pengerjaan proyek tersebut sudah mencapai 65 persen secara keseluruhan.

Saat ini pembangunannya sudah mulai konstruksi pembangunan fasilitas produksi terapung. Bagian atas produksinya dibuat di Tanjung Balai Karimun. Rencananya hari ini Wiratmaja akan mengecek langsung perkembangan fasilitas produksi tersebut. "Untuk pengolahan dan penampungan migas terapungnya (FPSO) lagi dibuat di Korea," ujar Wiratmaja.

Proyek Jangkrik ini dibagi dalam tiga pekerjaan utama, yakni EPCI 1 yang mencakup rekayasa, pengadaan, konstruksi, dan instalasi (EPC) unit fasilitas produksi terapung (floating production unit/FPU); EPCI 2 mencakup instalasi fasilitas penerima (receiving facility installation/ RFI); serta sistem produksi lepas pantai (subsea production system/SPS). 

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...