Pemerintah Diminta Perbaiki Tata Kelola Energi Terbarukan

Safrezi Fitra
22 Maret 2016, 19:42
Pembangkit Listrik
Arief Kamaludin|KATADATA

KATADATA – Rencana pemerintah untuk mengembangkan Energi Baru dan Terbarukan (EBT), mendapat dukungan dari berbagai pihak. Pengembangan EBT ini dianggap bisa menjadi alternatif kebutuhan energi saat ini dan bisa menjadi kebutuhan energi utama di masa yang akan datang. Namun, tuntutan akan tata kelola yang baik juga banyak diserukan kepada pemerintah.

Direktur Utama PT MedcoEnergi Internasional Tbk Hilmi Panigoro mengatakan peluang Indonesia dalam mengembangkan EBT sangat besar, dengan melihat sumber daya alam yang ada. Namun, peluang itu juga diikuti dengan tantangan yang tidak kalah besarnya, terutama terkait regulasi. (Baca: Tiga Negara Eropa Incar Proyek Energi Baru Terbarukan)

Saat ini investor memandang Indonesia di titik terendah sebagai negara tujuan investasi. Banyak investor yang menganggap pemerintah seringkali tidak menghargai kontrak yang telah dibuat. Salah satunya investor seringkali dikenakan pungutan pajak yang secara tiba-tiba. 

“Jika terus begini,  tidak konsisten dalam kebijakan, maka investasi susah dinaikkan,” ujarnya dalam diskusi bertema ‘Rencana Umum Energi Nasional: Terobosan Pembangunan ENergi Terbarukan’ yang diselenggarakan Dewan Energi Nasional (DEN), di Hotel Mulia Senayan, Jakarta, Selasa (22/3). (Baca: Pertamina Siapkan Rp 26 Triliun Bangun Pembangkit Listrik EBT)

Tantangan lainnya yang akan dihadapi Indonesia ke depannya akan berkaitan dengan nilai keekonomian dari investasi yang dikeluarkan. Indonesia juga harus mengembangkan teknologi, infrastruktur pendukung, pendanaan, dan Sumber Daya Manusia (SDM).

Dia berharap pemerintah bisa mengatasi tantangan ini. Salah satunya dengan membuat regulasi yang lebih baik lagi demi pengembangan EBT. Sumber energi fosil yang digunakan saat ini lambat laun akan habis dan di masa mendatang harganya akan jauh lebih mahal. (Baca: Industri Akan Wajib Manfaatkan Limbahnya Jadi Energi)

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...