Harga Komoditas Anjlok, Ekonomi Sulawesi Bisa Tumbuh 8 Persen

Maria Yuniar Ardhiati
1 April 2016, 13:00
tambang-batubara.jpg
KATADATA/

KATADATA - Perekonomian Indonesia pada tahun lalu tumbuh 4,79 persen, lebih rendah dari perkiraan pemerintah sebelumnya. Bahkan, pencapaian itu yang terendah dalam lima tahun terakhir. Salah satu penyebabnya adalah berakhirnya masa ledakan komoditas sehingga kinerja ekspor terpuruk. Namun, di tengah keterpurukan pendapatan provinsi-provinsi produsen komoditas, Sulawesi masih mampu tumbuh di atas pertumbuhan ekonomi nasional. 

Secara umum, dua pulau utama penghasil komoditas: Sumatera dan Kalimatan mengalami kelesuan ekonomi. Provinsi Kalimantan Timur misalnya, mencatat pertumbuhan ekonomi minus 0,85 persen sepanjang 2015. Begitu juga dengan Nanggroe Aceh Darussalam yang tumbuh minus 0,72 persen. Sedangkan Provinsi Riau yang merupakan produsen minyak dan gas bumi (migas) serta kelapa sawit mentah (CPO), cuma tumbuh 0,22 persen.

Advertisement

Kinerja ekonomi dari Pulau Sumatera dan Kalimantan ini telah menyeret turun pertumbuhan ekonomi Indonesia, karena berkontribusi sebesar 31 persen terhadap total perekonomian nasional. Dua pulau itu memang penyumbang produk domestik bruto (PDB) tertinggi kedua setelah Jawa.

(Baca: Indonesia Pimpin Pertumbuhan Ekonomi Asia)

Yang menarik, tidak semua pulau merasakan perlambatan ekonomi tahun lalu. Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku dan Papua berhasil tumbuh di atas laju perekonomian nasional. Jawa, sebagai kontributor terbesar perekonomian mencatatkan pertumbuhan ekonomi 5,85 persen. Sementara itu, Bali dan Nusa Tenggara tumbuh 10,29 persen.

Yang menarik, pertumbuhan ekonomi Sulawesi mencapai 8,18 persen. Padahal, sejumlah provinsi di pulau ini mengandalkan pendapatan dari komoditas bahan mentah. “Di antara pulau-pulau itu, yang dialami Sulawesi menarik,” kata analis Bank Mandiri, Romauli Panggabean, dalam riset bulanan April 2016 yang dilansir Bank Mandiri, Kamis (31/3).

Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat masing-masing tumbuh 7,15 persen dan 7,37 persen. Sementara itu, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara mencapai pertumbuhan 15,1 persen dan 6,88 persen. Adapun Gorontalo tumbuh 6,23 persen dan Sulawesi Utara tumbuh 6,12 persen. Pencapaian ini menjadi prestasi yang luar biasa, mengingat provinsi-provinsi lain terpuruk saat harga komoditas jatuh.

Halaman:
Reporter: Maria Yuniar Ardhiati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement