Pesaing Uber, Didi Asal Cina Disuntik Dana Apple Rp 13,3 Triliun

Maria Yuniar Ardhiati
14 Mei 2016, 09:00
iphone apple
Arief Kamaludin|KATADATA

Uber bakal mendapatkan pesaing berat dalam bisnis layanan transportasi berbasiskan aplikasi online. Didi Chuxing, perusahaan sejenis Uber di Cina, baru saja mengantongi komitmen pendanaan dari Apple Inc. senilai US$ 1 miliar atau setara Rp 13,3 triliun.

Dalam pengumumannya, CEO Apple Tim Cook menyatakan pendanaan itu untuk membantu raksasa teknologi dunia tersebut memahami pasar Cina. Investasi Apple yang tergolong langka tersebut juga langsung menyentuh dua lini yaitu konsep ekonomi berbagi (sharing ekonomi) dan teknologi mobil.

Menurut Cook kerjasama antara Apple dan Didi Chuxing ini memang bertujuan untuk mempelajari beberapa segmen pasar di Cina. “Tentu saja, pasti akan ada timbal balik dari investasi modal yang kami kucurkan,” katanya seperti dikutip Reuters, Jumat (13/5). Ia pun berjanji akan melawat ke Cina pada Mei ini untuk memuluskan kerjasama tersebut.

(Baca: Kinerja Apple Terburuk dalam 13 Tahun Terakhir)

Para analis menilai kesepakatan antara Apple dan Didi Chuxing itu menandai langkah Apple untuk melakukan diversifikasi bisnis setelah penjualan ponsel pintar iPhone melesu. Apple sebelumnya mampu mendulang pemasukan dari penjualan Apple Music serta layanan pembayaran mobile, Apple Pay.

Penjualan Apple di Cina sempat menyentuh titik nadir seiring perlambatan ekonomi di negara tersebut. Namun, Cook tetap optimistis menatap pasar Cina. Ia menyebut kesepakatan dengan Didi memperlihatkan minat Apple terhadap pertumbuhan bisnis di negara itu secara jangka panjang. (Baca: Pemerintah Ancam Grab dan Uber Urus Izin Sebelum 31 Mei 2016)

Di sisi lain, investasi Apple pada Didi ini dianggap untuk memperbaiki hubungan Apple dengan pemerintah Cina. Sebab, belum lama ini, pemerintah Cina sempat menutup layanan buku online dan penyedia film milik Apple. “Selain menunjukkan keseriusannya di Cina, Apple juga membantu Didi membangun platform ride-sharing,” ujar analis dari Creative Strategies, Ben Bajarin.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...