Terakhir Kali Jadi Bunga Acuan, BI Rate Tetap 6,5 Persen

Desy Setyowati
21 Juli 2016, 19:47
BI bank
Arief Kamaludin|KATADATA

Bank Indonesia (BI) mempertahankan suku bunga acuan BI rate sebesar 6,5 persen. Selain itu, Rapat Dewan Gubernur BI pada Kamis ini (21/7) memutuskan mempertahankan suku bunga BI 7-Days Reverse Repo sebesar 5,25 persen, suku bunga Deposit Facility 4,5 persen dan Lending Facility 7 persen. Ini terakhir kali BI rate menjadi bunga acuan, yang akan diganti oleh BI 7-Days Reverse Repo mulai 19 Agustus nanti.

Bank sentral mempertahankan BI rate meski mata uang rupiah cenderung menguat belakangan ini dan kondisi ekonomi Indonesia terus membaik. Alasannya, besaran BI rate saat ini masih memadai untuk mendorong penurunan suku bunga perbankan dan memacu perekonomian.

Sejak awal tahun ini, BI telah menurunkan BI rate sebanyak empat kali dengan besaran satu persen. Menurut Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan Fiskal Ekonomi dan Moneter BI Juda Agung, pelonggaran moneter tersebut sudah berdampak terhadap suku bunga perbankan.

(Baca: Perbankan Optimistis Bunga Acuan Baru Bisa Memacu Kredit)

Suku bunga deposito, misalnya, tercatat menurun 0,8 persen sejak awal tahun ini. Sedangkan suku bunga kredit menurun 0,45 persen. Dia yakin, ke depan, penurunan suku bunga perbankan akan mendekati penurunan BI rate sebesar satu persen sejak awal tahun.

“Mungkin bisa mendekati (penurunan BI rate) pada akhir tahun ini. Pengalaman dulu-dulu, bisa mendekati 100 persen, kalau BI rate turun satu persen maka suku bunga bank bisa (turun sebesar itu),” kata Juda saat konferensi pers di Gedung BI, Jakarta, Kamis (21/7).

(Baca: Genjot Kredit, BI Pangkas Suku Bunga dan Longgarkan Pembiayaan)

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...