Investasi Proyek Laut Dalam IDD Chevron Berpeluang Turun

Anggita Rezki Amelia
18 Agustus 2016, 19:42
Rig
Katadata

Investasi proyek Indonesia Deepwater Development (IDD) di Selat Makassar yang dikelola Chevron Indonesia berpeluang turun dari perhitungan awal. Biaya yang awalnya diperkirakan US$ 12 miliar, bisa berkurang menjadi US$ 6,5 hingga 7 miliar.

Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan penurunan angka investasi ini berasal dari perhitungan Arcandra Tahar saat menjadi Menteri Energi. Ketika itu, Arcandra pernah bertemu dengan Chevron Indonesia sebagai operator proyek tersebut. (Baca: Percepat Proyek, Menteri ESDM Panggil Bos Perusahaan Migas).

Advertisement

Dalam pertemuan tersebut, Arcandra menanyakan struktur biaya yang sudah Chevron bikin untuk proyek IDD di Selat Makassar. Dari struktur tersebut ada biaya-biaya yang terkoreksi, sehingga menyebabkan investasi bisa turun. “Karena pak Candra paham dan dia punya contoh di mana-mana. Ada benchmark-nya, “ kata Luhut di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Kamis, 18 Agustus 2016.

Tapi, menurut Luhut angka tersebut belum begitu detail, sehingga masih bisa berubah. “Jadi bisa lebih atau kurang lagi dari itu,” kata dia. (Baca: SKK Migas Minta Chevron Segera Perbaiki Proposal IDD).

Sementara itu, manajemen Chevron Indonesia belum mau berkomentar mengenai hal tersebut. Senior Vice President Strategic Business Support Chevron Yanto Sianipar enggan menjawab pesan yang disampaikan Katadata melalui layanan Whatsapp, Kamis (18/8).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement