Percepat Proyek, Menteri ESDM Panggil Bos Perusahaan Migas

Anggita Rezki Amelia
4 Agustus 2016, 20:48
Arcandra ESDM
Arief Kamaludin | Katadata

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar berkomitmen mempercepat penyelesaian beberapa proyek strategis minyak dan gas bumi (migas). Untuk itu, Arcandra yang baru memangku jabatanya satu pekan itu, memanggil beberapa petinggi perusahaan migas di Indonesia ke kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (4/8).

Menjelang tengah hari, beberapa bos perusahaan migas itu terlihat silih berganti menemui Arcandra. Termasuk Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian ESDM I.G.N. Wiratmaja Puja. (Baca: 30 Program Strategis Migas Jadi Fokus Utama Menteri Arcandra)

Advertisement

Sebelum memulai rapat, Wiratmaja menyempatkan diri untuk menjawab beberapa pertanyaan dari wartawan. Ia menjelaskan, Menteri ESDM ingin bertemu dengan manajemen PT Pertamina (Persero) dan para chief executive office (CEO) perusahaan-perusahaan migas lainnya. “Silaturahmi dengan pelaku industri hulu migas. Semua hal akan disampaikan ke Menteri,” kata dia.

Berdasarkan pantauan Katadata, petinggi ENI, perusahaan migas asal Italia, tiba lebih awal. Tak berselang lama, hadir manajemen ExxonMobil yaitu Presiden Direktur Daniel L. Wieczynski dan President Public and Government Affairs ExxonMobil Indonesia, Erwin Maryoto.

Pertemuan dengan manajemen ExxonMobil berlangsung kurang lebih selama empat jam. Dalam pertemuan itu, menurut Erwin, ExxonMobil menyampaikan perkembangan beberapa proyek seperti Lapangan Banyu Urip dan Jambaran-Tiung Biru di Blok Cepu.

Selain itu, Menteri ESDM ingin mengetahui kegiatan ExxonMobil dan potensi yang ada di beberapa proyek. Manajemen ExxonMobil pun menyampaikan jika produksi Blok Cepu sudah mencapai 185 ribu barel per hari.

Ada juga proyek Blok East Natuna yang saat ini masih dalam tahap kajian pasar. Setelah proses itu rampung maka akan membahas kontrak bagi hasilnya. “Menteri ESDM ingin cepat, cepat, dan cepat,” kata dia. (Baca: Pemerintah Siapkan Insentif Agar Blok East Natuna Cepat Produksi)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement