Rekor Baru, Kunjungan Wisatawan Asing Juli 2016 Tembus 1 Juta

Miftah Ardhian
1 September 2016, 16:30
BPS_Suryamin.jpg
KATADATA | Arief Kamaludin

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat rekor baru dalam sepanjang sejarah sektor pariwisata Indonesia. Dalam satu bulan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara yang datang ke Tanah Air melebihi satu juta kunjungan.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Sasmito Hadi Wibowo mengatakan jumlah wisatawan mancanegara ke Indonesia bulan lalu mencapai 1,03 juta kunjungan. Jumlah ini naik 17,68 persen dibanding Juli tahun lalu yang hanya 877.584 kunjungan. Jika dibandingakan bulan sebelumnya, jumlah kunjungan wisatawan asing meningkat 20,4 persen.

Advertisement

"Pariwisata ini rekor terbaru, melebihi 1 juta wisatawan mancanegara dalam satu bulan. Ini sejarah baru bagi Indonesia," ujar Sasmito, di Kantor BPS, Jakarta, Kamis (1/9).

Dia menjelaskan peningkatan kunjungan wisatawan asing ini disebabkan oleh dua faktor eksternal dan internal. Faktor internalnya adalah kampanye yang intensif oleh pemerintah ke berbagai negara. Selain itu, banyak atraksi yang disajikan masyarakat lokal di tempat pariwisata. Ini mampu memancing minat warga asing datang ke Indonesia.

Sementara salah satu faktor eksternalnya adalah kondisi udara di Australia sangat dingin pada bulan lalu. Makanya banyak penduduk Australia yang wisatawan dari negara tersebut datang ke Indonesia, karena jaraknya juga tidak terlalu jauh.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement