Semua Maskapai Indonesia Diminta Larang Samsung Galaxy Note 7

Maria Yuniar Ardhiati
13 September 2016, 10:19
Pesawat Garuda
Arief Kamaludin|KATADATA

Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan meminta semua maskapai penerbangan di Indonesia melarang penggunaan perangkat Samsung Galaxy Note 7 selama penerbangan. Langkah ini menyusul keputusan  otoritas penerbangan sipil Amerika Serikat (FAA) pada 8 September lalu, yang mengeluarkan peringatan terhadap penggunaan perangkat tersebut karena berpotensi memicu ledakan. 

Salah satu maskapai nasional yang sudha menerapkan larang tersebut adalah Garuda Indonesia. Vice President Corporate Communications Garuda Indonesia Benny S. Butarbutar mengatakan, pihkanya melarang penggunaan Galaxy Note 7 selama penerbangan pada seluruh pesawat Garuda.

Advertisement

“Bahkan tidak dalam airplane mode – mengisi atau recharge baterai, maupun memasukkan perangkat ponsel tersebut pada bagasi penumpang,” katanya dalam siaran pers Garuda, Minggu (11/9).

Ia menjelaskan, maskapai berpelat merah ini juga telah menyampaikan imbauan tersebut secara internal agar para petugas bisa melakukan sosialisasi larangan itu kepada penumpang. Mulai Minggu, 11 September 2016, Garuda memasang peringatan tertulis di konter-konter check in bandara.

“Ke depannya kami akan mengevaluasi imbauan ini sampai dengan adanya informasi resmi dari FAA,” ujar Benny. (Baca: Baterai Bermasalah, Samsung Tarik Jutaan Galaxy Note 7)

Kebijakan serupa juga diterapkan oleh Lion Air Group. Penumpang diminta tidak mengaktifkan perangkat Samsung Galaxy Note 7 selama berada dalam penerbangan pesawat Grup Lion, yaitu Lion Air, Batik Air, dan Wings Air.

“Kami mohon kerjasama dari penumpang untuk mengikuti imbauan ini,” kata Public Relations Manager Lion Air Group Andy M. Saladin dalam keterangan resminya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement