Inpex Diminta Ikut Garap Industri Hilir Proyek Masela

Arnold Sirait
12 Oktober 2016, 18:34
Asing Dibatasi dalam Jasa Pengeboran Migas.jpg
KATADATA/

Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bersama Inpex Corporation terus membahas rencana pengembangan proyek Blok Masela. Selain melakukan pengeboran dan pengolahan gas bumi dari Blok Masela, perusahaan asal Jepang itu juga mendapat kesempatan membangun industri hilir dari hasil produksi gas tersebut.

Pelaksana tugas (Plt) Menteri ESDM Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pemerintah sudah menyiapkan skema pengembangan Blok Masela. “Dia (Inpex) akan mengebor sampai wellhead (mulut sumur), lalu  bergabung dengan kita di hilirisasi,” katanya di Jakarta, Rabu (12/10). (Baca: Inpex Berpeluang Dapat Tambahan Perpanjangan Kontrak Blok Masela)

Advertisement

Rencana itu sempat disampaikan Luhut ketika bertemu dan makan malam dengan CEO Inpex Corporation, dalam kunjungannya ke Jepang, pekan lalu. hasil pertemuan itu membuahkan kesepakatan finalisasi rencana pengembangan Blok Masela.

Menurut Luhut, biaya investasi untuk pengembangan Blok Masela akan lebih rendah dari perkiraan awal sebesar US$ 22 miliar. Tapi dia belum mau menyebut angkanya. "Biar itu dijelaskan oleh Inpex selaku operator Blok Masela," katanya.

Yang jelas, skema pengembangan Blok Masela terbagi dua, yakni bagian hulu berupa proses pengeboran migas, dan bagian hilir berupa pemanfaatn gas untuk pabrik petrokimia dan pupuk. “Itu sudah disepakati dan lagi dihitung detail oleh kedua belah pihak. Ada pertemuan insentif 2 hingga 3 kali dalam satu minggu,” ujar Luhut.

Namun, berdasarkan informasi yang diperoleh Katadata, pemerintah dan Inpex belum menyepakati skema hilirisasi Proyek Masela. Selain itu, pemisahan skema hulu dan hilir ini berbeda dengan yang pernah diwacanakan sebelumnya, yaitu Inpex hanya ditugasi untuk mengebor sumur.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement