Absennya JK dan Luhut serta Putusan Kilat Pelantikan Jonan-Arcandra

Safrezi Fitra
14 Oktober 2016, 18:05
Pelantikan Jonan & AT
Intan|Biro Pers Setpres
Presiden Joko Widodo melantik Ignatius Jonan dan Arcandra Tahar sebagai Menteri dan Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) di Istana Negara, Jakarta, Jumat (13/10).

Ada yang janggal dalam pelantikan Ignasius Jonan dan Arcandra Tahar sebagai Menteri dan Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman yang merangkap Pelaksana Tugas (Plt) Menteri ESDM Luhut Pandjaitan tidak hadir dalam acara pelantikan tadi siang.

Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Johan Budi mengatakan, Jusuf kalla dan Luhut tidak bisa menghadiri acara pelantikan ini karena sedang berada di luar kota. Meski tidak hadir, Johan Budi memastikan keduanya sudah mengetahui keputusan presiden ini.

Menurutnya, nama-nama calon Menteri ESDM sebenarnya sudah ada di tangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sejak sepekan lalu. Namun, Johan Budi mengaku dirinya tidak mengetahui kapan tepatnya Jokowi memutuskan pilihannya pada Jonan dan Arcandra.

(Baca: Ini Alasan Jokowi Tunjuk Jonan dan Arcandra Pimpin ESDM)

“Saya kira Wakil Presiden juga sudah tahu. Sebagai wakilnya tentu Presiden melakukan koordinasi (dengan Kalla). Saya yakin beliau tahu, saya yakin diajak diskusi,” kata Johan yang ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan usai pelantikan Jonan dan Arcandra, Jumat (14/10).

Kalla tidak hadir dalam acara pelantikan ini karena sedang melakukan kunjungan kerja ke Makassar, Sulawesi Selatan. Dia berangkat ke kampung halamannya ini sejak Jumat pagi. Seperti dikutip Tempo, Kalla mengaku dirinya sudah meminta izin kepada Jokowi karena tidak bisa hadir di acara tersebut.

Saat berangkat ke Makassar, sekitar pukul 06.00 pagi, Kalla mengaku belum ada keputusan mengenai siapa yang akan menjadi Menteri ESDM. Jokowi baru memutuskan nama Jonan dan Arcandra sekitar empat jam kemudian.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...