Luhut Akan Serahkan Jabatan Menteri ESDM ke Jonan Pekan Depan

Anggita Rezki Amelia
14 Oktober 2016, 15:30
Pelantikan Jonan & AT
Safrezi Fitra|KATADATA
Presiden Joko Widodo melantik Ignasius Jonan dan Arcandra Tahar sebagai Menteri dan Wakil Menteri ESDM di Istana Negara, Jakarta, Jumat (13/10).

Presiden Joko Widodo telah melantik Ignasius Jonan sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang baru pada Jumat (14/10) siang ini. Meski begitu, acara serah terima jabatannya baru akan dilaksanakan awal pekan depan.

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Teguh Pamudji mengatakan, serah terima jabatan Menteri ESDM baru dilaksanakan Senin pekan depan karena masih menunggu Pelaksana tugas Menteri ESDM Luhut Binsar Pandjaitan. Saat ini, Luhut memang sedang tidak berada di Jakarta. (Baca: Presiden Pilih Ignasius Jonan Jadi Menteri ESDM)

Advertisement

Luhut harus berangkat ke acara Sail Selat Karimata, Kalimantan Barat, Jumat siang ini. "Senin (17 Oktober 2016) serah terima jabatan. Bapak Luhut sekarang tidak ada, sudah berangkat ke Karimata," kata Teguh di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (14/10).

Seperti diketahui, Presiden melantik Jonan sebagai Menteri ESDM di Istana Negara pada hari ini. Selain itu, Presiden juga melantik Wakil Menteri ESDM yakni Arcandra Tahar. Pelantikan tersebut  berlangsung sekitar pukul 13.30 WIB.

Sekitar pukul 13.00 WIB, Jumat siang (14/10), Jonan juga terlihat tiba di Istana Negara. Namun, dia enggan berkomentar banyak perihal informasi tersebut. "Saya baru diberi tahu dua jam yang lalu. Tidak tahu ke sini untuk apa," katanya. "Saya disuruh pakai jas." (Baca: Jadi Menteri ESDM, Jonan: Baru Diberitahukan Dua Jam Lalu)

Jonan dan Arcandra memiliki  beberapa kesamaan. Keduanya sebelumnya pernah menjabat sebagai menteri di kabinet Jokowi. Jonan saat itu menjabat sebagai Menteri Perhubungan, sementara Arcandra adalah Menteri ESDM.

Tapi, Jonan dicopot dari posisi tersebut pada 27 Juli lalu. Posisinya digantikan oleh Budi Karya yang saat itu menjabat posisi Direktur Utama PT Angkasa Pura II. Pada saat itu juga Arcandra Tahar masuk menggantikan Sudirman Said.

Namun, Arcandra hanya memangku jabatan Menteri ESDM selama 20 hari. Ia diberhentikan oleh Presiden karena diterpa isu kewarganegaraan Amerika Serikat sejak tahun 2012. (Baca: Menteri Arcandra Tersandung Kabar Status Warga Negara Amerika)

Di sisi lain, dalam pelantikan hari ini juga hadir beberapa pejabat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Mereka diantaranya  Inspektur Jenderal Kementerian ESDM  Mochtar Husein, Plt. Kepala Biro Komunikasi, Layanan, Informasi Publik, dan Kerja Sama Kementerian ESDM Parlaungan Simatupang, dan Direktur Pembinaan hulu Kementerian ESDM Tunggal dan Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Bambang Gatot Ariyono.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement