Kementerian PUPR Fokus Bangun Infrastruktur di Papua dan Perbatasan

Anggita Rezki Amelia
28 Oktober 2016, 12:40
Basuki PUPR
Arief Kamaludin (Katadata)

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan pembangunan infrastruktur di Papua menjadi salah satu fokus yang harus diselesaikan sebelum Pemerintahan Jokowi-JK berakhir. Selain itu ada juga pembangunan infrastruktur di perbatasan.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan saat ini progres pembangunan jalan Trans Papua sudah cukup baik. Dari total panjang jalan 4.335 kilometer (km), proyek ini sudah bisa menembus hingga 3.800 km atau mencapai 87,6 persen. Tinggal 462 km lagi yang harus diselesaikan.

(Baca: Jokowi: Wilayah Papua Akan Terang Benderang pada 2019)

Sisa proyek jalan ini belum bisa ditembus karena medannya medannya sangat sulit, seperti melewati hutan dan pegunungan. Untuk menyelesaikannya, Kementerian PUPR akan bekerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam pembebasan lahan.

Sekadar informasi, jalur Trans Papua membentang dari Sorong, Manokwari, Wamena, hingga Merauke. Selain itu, ada juga ruas jalan segmen VI yang menghubungkan Wamena ke Mumugu. Jalurnya adalah Wamena-Habema-Kenyam-Mumugu, dengan memotong rute pegunungan Lawrence.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...