Proyek Tol Bawen–Yogyakarta Dipercepat Mulai Tahun Depan

Ameidyo Daud Nasution
28 Oktober 2016, 18:38
jalan tol
Arief Kamaludin|KATADATA

Pemerintah menyatakan akan mempercepat pembangunan proyek jalan tol ruas Bawen-Yogyakarta. Proyek yang rencana awalnya baru akan dibangun dua tahun lagi ini, dipercepat menjadi mulai tahun depan.

Kepala Badan Perencanaan Infrastruktur (BPIW) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Rido Matari Ichwan mengatakan akan memulai pra-studi kelayakan proyek ini tahun depan. Setelah itu tahap pelaksanaan pembangunan bisa langsung dimulai pada tahun yang sama.

Advertisement

"Saya pikir total studi kelayakannya tidak akan lama, paling enam bulan," katanya saat konferensi pers di kantornya, Jakarta, Jumat (28/10). (Baca: PUPR Targetkan Pembebasan Lahan Trans Jawa Selesai Tahun Ini)

Dia mengatakan percepatan pelaksanaan pembangunan proyek ini merupakan permintaan dari Kementerian Periwisata. Pembangunan infrastruktur jalan tol ini akan bisa mendukung pengembangan Kawasan Wisata Borobudur yang sedang dikerjakan pemerintah.  

Sebagai langkah percepatan, rencananya pemerintah akan memasukkan proyek ini menjadi proyek tol prioritas di Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP). Namun, keberadaan tol ini disebutnya akan menjadi pemicu tumbuhnya ekonomi di daerah sekitar Borobudur.

(Baca: 2017, Kementerian PUPR Targetkan Bangun 796 Kilometer Jalan Baru)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement