Pertumbuhan Produksi Manufaktur Mulai Membaik

Miftah Ardhian
1 November 2016, 16:55
Buruh Pabrik Sepatu
Arief Kamaludin|KATADATA

Industri manufaktur nasional sudah mengarah positif. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan produksi industri manufaktur besar dan sedang terus naik sejak awal tahun. Pada triwulan III tahun ini, pertumbuhan industri manufaktur sudah di atas lima persen, yakni 5,07 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan kenaikan pertumbuhan industri manufaktur besar dan sedang terutama disumbang oleh industri farmasi, produk obat kimia, dan obat tradisional yang tumbuh 11,26 persen. Kemudian disusul industri makanan sebesar 7,70 persen serta industri kulit, barang dari kulit dan alas kaki naik 7,28 persen.

Advertisement

Meski demikian, ada beberapa industri yang mengalami penurunan produksi, diantaranya industri  karet, barang dari karet dan plastik yang turun 12,58 persen. Sedangkan, industri pengolahan lainnya turun 9,83 persen dan industri tekstil turun sebesar 8,96 persen. 

"Secara year to year industri besar dan sedang pada triwulan III-2016 ini naik 5,07 persen," kata Suhariyanto di Gedung BPS, Jakarta, Selasa (1/11). (Baca: Industri Tekstil dan Kimia Tumbuh Pesat Dua Tahun Terakhir)

Berdasarkan wilayah, produksi industri manufaktur yang mengalami pertumbuhan paling tinggi berada di Provinsi Nangroe Aceh Darusalam, sebesar 15, 55 persen. Disusul berturut-turut Riau dan DKI Jakarta sebesar 10,48 persen. Namun, terdapat beberapa Provinsi yang mengalami penurunan, yakni Sulawesi Barat sebesar 8,97 persen, Papua Barat 4,93 persen, dan Bali yang turun 3,53 persen.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement