Susi: Rusia Akan Bangun 10 Pengolahan Ikan di Indonesia

Miftah Ardhian
3 November 2016, 17:10
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti
ARIEF KAMALUDIN | KATADATA

Pertemuan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pujiastuti dengan investor Rusia beberapa waktu lalu membuahkan hasil. Salah satu perusahaan telah menyatakan minatnya untuk membangun fasilitas pengolahan dan penyimpanan hasil perikanan (cold storage) di dalam negeri.

Fasilitas ini akan dibangun di 10 lokasi berbeda di Indonesia, dengan total investasi sekitar Rp 1,5 triliun hingga Rp 2 triliun. "Itu untuk satu perusahaan Blackspace," ujar Susi saat ditemui dalam acara Forum BUMN 2016, Di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Kamis (3/11). 

(Baca: Empat Perusahaan Besar Rusia Sampaikan Minat Investasi ke Jokowi)

Sekadar informasi Blackspace merupakan perusahaan yang utamanya bergerak dalam bidang pertambangan dan sumber daya alam. Perusahaan ini telah memiliki tambang batu bara di Kalimantan Tengah, baoksit di Kalimantan Barat, nikel di Kabaena dan Sulawesi Tenggara, serta mangan di Nusa Tenggara Timur.

Blackspace juga telah memulai pembangunan jalur rel kereta api di Kalimantan Tengah sepanjang 500 kilometer. rel kereta ini akan digunakan untuk melayani kebutuhan transportasi dan logistik perusahaan, khususnya pengangkutan batubara dari lokasi pertambangan sampai ke pelabuhan.

Hingga kini Blackspace telah menanamkan investasi di berbagai sektor di Indonesia senilai US$ 250 juta. Rencananya dalam lima tahun ke depan, perusahaan ini akan menambah nilai investasinya hingga US$ 2,5 miliar. (Baca: Susi Usulkan Penerbangan dari Pulau Terluar ke Rusia)

Kali ini Blackspace memperluas investasi di sektor maritim dengan membangun fasilitas penyimpanan ikan atau cold storage. Namun, Susi tidak menjelaskan lebih rinci, di mana saja 10 lokasi investasi Blackspace.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...