Dua Titik Keberangkatan Kereta Bandara Soekarno Hatta

Maria Yuniar Ardhiati
8 November 2016, 07:56
Kereta
Arief Kamaluddin | Katadata

PT Kereta Api Indonesia (KAI) menambah titik keberangkatan dan kedatangan kereta rute Jakarta - Bandara Soekarno Hatta. Saat beroperasi nantinya, kereta ini tak hanya berangkat dari Stasiun Manggarai, tapi juga bisa dari Stasiun Jakarta Kota.

Semula, kereta bandara tersebut memang rencananya diberangkatkan hanya dari Stasiun Manggarai. “Tapi setelah kami pelajari, pemberangkatan juga bisa dilakukan dari Stasiun Kota,” ujar Direktur Utama KAI Edi Sukmoro melalui siaran persnya, Senin (7/11) malam.

Pemberangkatan dari Stasiun Jakarta Kota diharapkan dapat mengurangi beban kepadatan di Stasiun Manggarai. Saat ini, rencana tersebut masih dalam tahap uji kelayakan. Salah satunya adalah melakukan inspeksi jalur mulai dari Stasiun Jakarta Kota ke Stasiun Batuceper.

(Baca: Jokowi Targetkan Kereta Bandara Beroperasi Paling Lama Juli 2017)

Meski demikian, Edi melanjutkan, rencana ini telah disampaikan kepada Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, serta Presiden Joko Widodo. (Jokowi). Ia mengklaim semuanya telah memberikan persetujuan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...