BKPM Klaim Kepercayaan Investor Asing Sedang Tinggi

Image title
30 November 2016, 20:42
BKPM
KATADATA | Arief Kamaludin

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong menilai kepercayaan investor terhadap iklim investasi Indonesia tetap tinggi. Karena itu, dia optimistis target realisasi investasi tahun ini dan tahun depan bakal tercapai.

Penilaian optimistis itu berdasarkan hasil pertemuan pemerintah dengan para investor dunia dalam rangkaian acara Forbes Global CEO Conference yang digelar di Jakarta, Selasa (29/11) kemarin. Sebanyak 400 pemimpin usaha dunia yang hadir dalam acara itu menjadi salah satu indikator terhadap minat investor global terhadap kondisi perekonomian Indonesia.

Advertisement

"Sekarang sentimen investor sedang bagus-bagusnya,” ujar Lembong dalam siaran pers BKPM, Rabu (30/11). Menurut dia, kepercayaan investor saat ini tinggi berkat reformasi dan perbaikan kebijakan pemerintah selama beberapa tahun terakhir.

(Baca: Darmin Usul Bentuk Badan Khusus Urus Kemudahan Bisnis)

Alhasil, dia optimistis target investasi tahun ini sebesar Rp 594,8 triliun serta target investasi tahun depan Rp 678,8 triliun dapat tercapai. "Pemerintah akan terus mengupayakan agar reformasi ekonomi yang dilakukan terus berlanjut dan berdampak secara fundamental untuk perbaikan Indonesia," ujar Lembong.

Berdasarkan data yang dirilis BKPM, realisasi investasi hingga kuartal III 2016 sebesar Rp 453,4 triliun atau meningkat 13,4 persen dibandingkan periode sama 2015. Perinciannya, realisasi Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar Rp 295,2 triliun sedangkan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDn) Rp 158,2 triliun.

Chairman and Editor in Chief Forbes Media, Steve Forbes, mengapresiasi terobosan Presiden Joko Widodo untuk kemudahan bisnis di Indonesia. Salah satu indikatornya adalah naiknya peringkat kemudahan berusaha atau Ease of Doing Business (EoDB) Indonesia yang dicatat oleh Bank Dunia dari 106 menjadi 91 pada tahun ini.

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement