Realisasi Investasi Triwulan III-2016 Hanya Tumbuh 10,7 Persen

Miftah Ardhian
27 Oktober 2016, 16:15
BKPM
KATADATA | Arief Kamaludin

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengumumkan realisasi investasi asing dan dalam negeri yang berhasil terkumpul pada kuartal III tahun ini sebesar Rp 155,3 triliun. Nilanya lebih tinggi dibandingkan perolehan kuartal II yang hanya Rp 151,6 triliun dan kuartal I sebesar Rp 146,5 triliun.

Kepala BKPM Thomas Lembong mengatakan pertumbuhan realisasi investasi kuartal III naik 10,7 persen, jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Sementara total investasi kumulatif sepanjang Januari hingga September tahun ini mencapai Rp 453,4 triliun, meningkat 13,4 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. 

(Baca: Pesimistis, BKPM Perkirakan Pertumbuhan Investasi 2016 Melambat)

Meski tercatat masih mengalami pertumbuhan, namun terlihat ada perlambatan dalam realisasi investasi tahun ini. Pertumbuhan kuartal III yang mencapai 10,7 persen sebenarnya lebih rendah dibandingkan kuartal I dan kuartal II tahun ini yang masing-masing mencapai 17,6 persen dan 12,2 persen.

Secara kumulatif pun pertumbuhan total investasi sembilan bulan tahun ini sebesar 13,4 persen pun masih lebih rendah dari tahun lalu. Dalam tiga kuartal pertama 2015, nilai investasinya memang hanya Rp 400 triliun, tapi pertumbuhannya mencapai 16,7 persen dibandingkan periode yang sama pada 2014.

"Kami harapkan kegiatan investasi baik PMA maupun PMDN di waktu mendatang akan meningkat signifikan," ujar Lembong dalam konferensi pers di Kantor BKPM, Jakarta, Kamis (27/10). (Baca: Indonesia Masuk 10 Besar Negara Tujuan Utama Investasi)

Meski melambat, realisasi investasi di Indonesia masih tumbuh. Apalagi ini terjadi di tengah perekonomian dunia yang masih melambat. Penyumbang investasi terbesar sepanjang Januari hingga September tahun ini masih dipimpin oleh investor luar negeri. Nilai investasi penanaman modal asing (PMA) mencapai Rp 99,7 triliun dan penanaman modal dalam negeri (PMDN) hanya Rp 55,6 triliun.  

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...