Pemerintah Tepis Isu Serbuan 10 Juta Tenaga Kerja Cina

Image title
21 Desember 2016, 19:07
Konferensi Pers Program Pemagangan Nasional KADIN
Muhammad Firman Eko Putra Katadata

Menteri Ketenagakerjaan Muhammad Hanif Dhakiri menepis isu masuknya 10 juta tenaga kerja asing asal Cina ke Indonesia. Ia mengimbau masyarakat agar tidak mudah terprovokasi oleh informasi-informasi yang belum jelas kebenarannya.

Menurut Hanif, isu itu tak masuk akal. Sebab, warga Cina yang berkunjung ke Indonesia dengan visa wisata saja jumlahnya tak sampai 2 juta jiwa. “Ini harus dipahami secara rasional, jangan sampai isu tenaga kerja asing ini diewer-ewer sehingga bisa membangun sentimen-sentimen yang tidak sehat bagi demokrasi kita dan persatuan kesatuan kita,” Kata Hanif saat ditemui di Menara Kadin Indonesia, Rabu, 21 Desember 2016.

(Baca juga: Jokowi Akan Buka Program Magang Nasional, 2.648 Perusahaan Terlibat)

Menurut data Kementerian Ketenagakerjaan, jumlah tenaga kerja asing yang ada di Indonesia per November 2016 ialah 74.183 orang. Dari jumlah tersebut, terdapat 21.271 tenaga kerja asal Cina. Negeri tirai bambu memang yang paling banyak mengirimkan tenaga kerjanya ke Indonesia, disusul Jepang di posisi kedua dengan jumlah 12.490 tenaga kerja. Para tenaga kerja asing ini terbanyak tersebar di sektor perdagangan dan jasa dengan total 47.326 tenaga kerja.

Grafik: Tenaga Kerja Asing (TKA) di Indonesia Menurut Asal Negara per November 2016
Tenaga Kerja Asing (TKA) di Indonesia Menurut Asal Negara per November 2016



Jumlah tenaga kerja asing di Indonesia, menurut Hanif sangat kecil, yakni 0,027 persen dibandingkan jumlah penduduk Indonesia yang jumlahnya mencapai 257 juta jiwa.

Halaman:
Reporter: Muhammad Firman
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...