Jokowi: 'Om Telolet Om' Hiburan Rakyat yang Mendunia

Safrezi Fitra
23 Desember 2016, 14:24
Bus telolet
ANTARA Foto/Risky Andrianto

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi fenomena “Om Telolet Om” yang kini ramai diperbincangkan di berbagai lini masa media sosial di Indonesia, bahkan dunia. Dia merespons positif fenomena yang berasal dari contoh kesederhanaan rakyat Indonesia dalam mencari sebuah hiburan, bisa mendunia.

"Sebuah kesenangan, sebuah kebahagiaan dari rakyat untuk memperoleh sebuah hiburan atau sebuah hobi, saya kira sangat bagus sekali," kata Presiden yang ditemui wartawan seusai menghadiri acara Deklarasi Pemagangan Nasional menuju Indonesia Kompeten, di Kawasan Karawang International Industry City (KIIC), Karawang, Jumat (23/12).

Advertisement

Menurutnya sesuatu hal yang sederhana dan dapat sesegera mungkin diketahui oleh dunia merupakan bukti kekuatan media sosial. Potensi media sosial dalam menyebarkan informasi yang sangat cepat ini sulit dibendung. (Baca: Menhub Larang Perusahaan Bus Ikut Fenomena 'Om Telolet Om')

Meski begitu presiden mendukung imbauan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi untuk membatasi aksi tersebut. Jokowi menyadari bahwa hal ini tidak perlu dilarang, tapi harus ada batasan. "Masa bus baru berjalan dicegat di tengah jalan, kan hal-hal seperti itu yang dilarang," ujar Presiden.

Fenomena Om Telolet Om yang menjadi buah bibir di kalangan netizen di berbagai belahan dunia berawal dari video yang beredar di media sosial. Video ini memperlihatkan kebiasaan anak-anak kecil di sekitar Jepara, Jawa Tengah, meminta supir bus yang melintas untuk membunyikan klaksonnya. Bahkan ada juga yang sengaja menulis tulisan besar "Om Telolet Om" agar dibaca oleh supir bus.

Semenjak itu, video "Om Telolet Om" semakin menjadi viral di dunia maya. Demam ini tidak hanya terjadi di tanah air, tapi juga sampai ke telinga selebritas mancanegara. Sebut saja Zedd, Martin Garrix, DJ Snake, Alesso, dan The Chainsmokers yang ikut terlibat dalam perbincangan seputar "Om telolet Om" dalam akun resmi media sosialnya.

(Baca: Jokowi dan Menhub Diminta Tak Larang Fenomena 'Om Telolet Om')

Situs tangga lagu Billboard bahkan menangkap fenomena yang menjangkit sejumlah musisi DJ (Disc Jockey). Mereka menanyakan arti dari frase "Om telolet Om" yang sedang ramai di Indonesia. Billboard menduga ramainya perbincangan para DJ kenamaan terkait dengan bunyi klakson bus itu identik dengan suara efek instrumen elektronik yang biasa mereka pakai.

"Billboard Dance melihat klip video telolet, dan memang terdengar seperti instrumen elektronik. Kami bisa membayangkannya menjadi lagu tema sebuah festival," tulis Billboard dalam situsnya, Rabu (21/12).

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement