Angkasa Pura II saat ini masih melakukan sejumlah persiapan, termasuk penyelesaian infrastruktur dan menjalani proses verifikasi dari Kementerian Perhubungan.
Terminal 3 Ultimate
Arief Kamaludin|KATADATA

PT Angkasa Pura II akan mengoperasikan Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, untuk seluruh penerbangan domestik dan internasional Garuda Indonesia mulai April mendatang.

"Rencananya seperti itu," kata Manajer Humas PT Angkasa Pura II Yado Yarismano kepada Katadata, Rabu (11/1). (Baca: Baru Beroperasi, Terminal 3 Menuai Keluhan dan Masalah)

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Kelak, Garuda Indonesia akan mengoperasikan 160 penerbangan domestik dari Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta. Saat ini, seluruh penerbangan tersebut masih dioperasikan melalui Terminal 2. Begitu juga jumlah penerbangan internasional yang akan dioperasikan Garuda Indonesia di Terminal 3 juga tidak mengalami perubahan, yakni sekitar 30 penerbangan per hari.

Angkasa Pura II saat ini masih melakukan sejumlah persiapan, termasuk penyelesaian infrastruktur dan menjalani proses verifikasi dari Kementerian Perhubungan.

Yado menjelaskan, perusahaan pelat merah pengelola Bandara Soekarno Hatta tersebut masih harus merampungkan infrastruktur tenant, sistem keimigrasian, serta sistem check-in.

Sementara itu, Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI/AirNav Indonesia) menyatakan Terminal 3 sudah siap melayani penerbangan domestik dan internasional Garuda Indonesia. "Dari sisi pelayanan navigasi penerbangan, AirNav siap," kata Direktur Operasi AirNav Indonesia Wisnu Darjono kepada Katadata, Rabu (11/1). (Baca: Terminal 3 Soekarno Hatta Baru Bisa Beroperasi 40 Persen)

Ia menjelaskan, AirNav Indonesia menjalankan pengaturan lalu lintas penerbangan (LLP) yang sudah baku. Prosedur operasi untuk navigasi di Terminal 3 juga sudah ada.

Sebelumnya, sumber Katadata menyebutkan Asosiasi Pilot Garuda (APG) menerima informasi mengenai rencana Garuda Indonesia untuk beroperasi di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta secara penuh mulai April 2017.

Informasi tersebut menyatakan, pada tahap pertama, maskapai yang akan mengoperasikan rute internasional di Terminal 3 adalah Garuda Indonesia. Selanjutnya, maskapai  yang terafiliasi dengan Sky Team akan membuka rute internasional mulai Mei mendatang. (Baca: Terminal 3 Soekarno Hatta Beroperasi Mulai 9 Agustus)

Saat dikonfirmasi mengenai rencana tersebut, Vice President Corporate Communication Garuda Indonesia Benny S. Butarbutar dan Presiden APG Bintang Hardiono belum memberikan respon.

Artikel Terkait
Qatar Airways dapat melakukan penerbangan dari dan ke Indonesia, yang dilanjutkan ke negara ketiga di luar daftar negara yang memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar.
Penerbangan Qatar Airways cukup diminati di Indonesia. “Ada tiga kali sehari dari Jakarta dan tiga kali sehari dari Denpasar."
“Agar maskapai mau mengoperasikan penerbangan tambahan di luar jam operasional regular bandara,” kata Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin.