Kekayaan 8 Tokoh Ini Lampaui Harta 3,6 Miliar Warga Dunia

Maria Yuniar Ardhiati
17 Januari 2017, 21:22
Kemiskinan
Arief Kamaludin|KATADATA
Warga di permukiman padat penduduk Kampung Dao, Jakarta.

Ketimpangan atau kesenjangan antara orang kaya dan si miskin di dunia masih besar. Konfederasi Oxfam International merilis laporan terbarunya mengenai deretan tokoh terkaya di dunia. Ada delapan miliarder yang nilai kekayaannya, bahkan bisa menyamai himpunan harta sekitar 3,6 miliar orang di dunia.

Mereka yang bernasib mujur itu adalah pemilik Microsoft, Bill Gates; investor kawakan Warren Buffett; konglomerat Meksiko, Carlos Slim; bos Amazon, Jeff Bezos; pemilik Facebook, Mark Zuckerberg; pemilik Zara, Amancio Ortega; pendiri Oracle, Larry Ellison; dan pebisnis Amerika Serikat, Michael Bloomberg.

Jika digabungkan, kekayaan delapan miliarder tersebut mencapai US$ 426 miliar atau sekitar Rp 5.670 triliun. "Betapa ini memperlihatkan kesenjangan yang dramatis," kata Wakil Presiden Kebijakan dan Kampanye Oxfam America, Paul O'Brien, seperti dilansir CNN Money, Selasa (17/1).

(Baca: Darmin Prediksi Pertumbuhan Ekonomi 2016 di Bawah Target)

Oxfam meluncurkan laporan tahunannya mengenai kesenjangan tersebut bersamaan dengan penyelenggaraan Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss. Lembaga ini melakukan studi berdasarkan data daftar miliarder tahunan yang dirilis oleh Forbes serta buku data kekayaan dunia yang diluncurkan Credit Suisse.

Laporan itu mengungkapkan, pada 2015, kelompok 1 persen orang terkaya menguasai sekitar 99 persen nilai kekayaan di seluruh dunia. Di Amerika Serikat, misalnya, kelompok 1 persen orang terkaya itu menguasai 42 persen total aset di negara tersebut. Karena itulah, Oxfam melabeli laporannya: “An Economy for the 99%". Ekonomi untuk 99 persen warga dunia (bukan 1 persen orang kaya).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...