Menteri Susi Akan Bagikan 2.090 Kapal Nelayan Tahun Ini

Image title
19 Januari 2017, 16:49
Susi Pudjiastuti
Arief Kamaludin|KATADATA
Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan bahwa program prioritasnya tahun ini adalah untuk pemerataan kesejahteraan. Salah satunya adalah dengan memberi bantuan kapal pada nelayan kecil.

“Kita ingin buat pemerataan, kalau tidak ekonomi kita nanti dikuasai korporasi besar,” kata Susi di kantornya, Kamis, 19 Januari 2017. Ia menambahkan, “Kita bukan anti korporasi besar, tapi kita sebagai regulator wajib membuat keberpihakan.”

Salah satu bentuk keberpihakan itu adalah dengan membuka akses lebih luas pada kelompok masyarakat miskin melalui program bantuan kapal. Tahun ini, Kementerian Kelautan dan Perikanan akan mendistribusikan 2.090 unit kapal sebagai bantuan bagi nelayan miskin.

(Baca juga: Susi Siap Tenggelamkan 92 Kapal Pencuri Ikan Bulan Depan)

Ukuran kapal-kapal itu bervariasi antara ukuran kecil di bawah 5 gross ton (GT) hingga 100 GT. Total jumlah bantuan tahun ini meningkat dari 1.719 unit pada tahun 2016 lalu.

Mengenai mekanisme pemberian bantuan, Susi meminta tim dari Kementerian Kelautan dan Perikanan lebih ketat melakukan pengawasan, bahkan kalau perlu turun langsung ke lapangan. Sebab, menurutnya pejabat dinas perikanan daerah kerap melakukan penyalahgunaan wewenang.

Grafik: Jumlah Kapal yang Ditenggelamkan
Jumlah Kapal yang Ditenggelamkan

Halaman:
Reporter: Muhammad Firman
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...