Proyek Jangkrik Sudah 91,6 Persen, Siap Berproduksi Tahun Ini

Arnold Sirait
20 Januari 2017, 15:27
Rig
Katadata

Proyek pembangunan ladang gas bumi Jangkrik sudah hampir rampung. Targetnya, proyek gas yang dikelola oleh Eni Indonesia Ltd ini bisa berproduksi tahun 2017.

Kepala Unit Percepatan Proyek Jangkrik Eko Hariadi mengatakan, perkembangan proyek ini secara keseluruhan sudah mencapai 91,6 persen. Kegiatannya mencakup pengerjaan unit produksi terapung/Floating Production Unit (FPU) yang fabrikasinya dilakukan di Tanjung Balai Karimun

Selain itu, instalasi pipa bawah laut (subsea system) serta pengerjaan fasilitas penerima produksi di darat (Onshore Receiving Facility). Pengerjaan FPU saat ini sudah memasuki tahap akhir. (Baca: Aturan Terbit, Kontrak Baru Migas Pakai Skema Gross Split)

“Rencananya, pelayaran FPU Jangkrik dari Tanjung Balai Karimun ke lokasi Proyek Jangkrik di Selat Makassar bisa dilakukan akhir Maret,” kata dia berdasarkan penjelasan tertulis yang diperoleh Katadata, Jumat (20/1).   

Deputi Pengendalian Operasi SKK Migas Muliawan pernah mengatakan, lapangan Jangkrik bisa berproduksi pertengahan tahun ini. "Insya Allah siap dioperasikan Lapangan Jangkrik dan first gas Juli 2017," kata dia kepada Katadata, Rabu (7/12). (Baca: Gas Pertama Lapangan Jangkrik Akan Mengalir Juli 2017)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...