Jokowi: Pasar Tradisional Akan Hilang Diganti Toko Online

Ameidyo Daud Nasution
2 Februari 2017, 16:07
Jokowi Kacang Mete
Kris | Biro Pers Sekretariat Kepresidenan
Presiden Jokowi mengunjungi pabrik pengolahan kacang mete PT Comextra Majora di Makasar (27/11)

Presiden Joko “Jokowi” Widodo punya pandangan sendiri soal pesatnya perkembangan bisnis digital. Menurut Jokowi, maraknya kegiatan jual beli secara online bisa menggusur keberadaan toko fisik, hingga pasar tradisional.

“Yang namanya pasar tradisional itu akan bisa hilang karena adanya toko online,” kata Jokowi dalam pembukaan konferensi Forum Rektor Indonesia 2017 di Jakarta, Kamis (2/2/2017). Bahkan, saat ini pun orang sudah bisa membeli sayuran segar, bahkan tanaman hidup melalui aplikasi.

Untuk mengantisipasinya, Jokowi pun meminta para rektor universitas yang hadir untuk membantu menyiapkan sumber daya manusia. Ia ingin perguruan tinggi merespons perkembangan zaman dengan membuat program pendidikan yang lebih bisa diterapkan, kalau perlu dengan membuka jurusan baru.

“Di universitas juga harus berani mengubah Jurusan. Kenapa tidak ada jurusan logistik yang itu sangat dibutuhkan saat ini, atau jurusan retail, jurusan khusus toko online,” ujarnya.

Bahkan, Jokowi menginginkan pendidikan digital itu dimulai pada jenjang yang lebih dini, misalnya di Sekolah Menengah Kejuruan. Ia pun kembali menyinggung bahwa pola pendidikan menengah yang 70 hingga 80 persen dipenuhi oleh guru pelajaran normatif, padahal kebutuhan saat ini lebih banyak pada ilmu terapan yang lebih spesifik.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...