SBY Mengeluh Disadap, Jokowi: Isu Pengadilan kok Dikirim ke Saya

Ameidyo Daud Nasution
2 Februari 2017, 12:04
Jokowi
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/Pras/17
Presiden Joko Widodo tertawa saat berbincang dengan beberapa menteri sebelum rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, 5 Januari 2017.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan isu penyadapan yang dikeluhkan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tidak ada hubungannya dengan pemerintah, khususnya dengan dirinya. Penegasan ini menanggapi pernyataan SBY sebelumnya bahwa Presiden perlu menjelaskan isu penyadapan tersebut.  

Menurut Jokowi, keluhan SBY yang merasa percakapannya melalui telepon dengan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma'ruf Amin merupakan isu dalam persidangan kasus dugaan penodaan agama oleh Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) pada Selasa (31/1) lalu.

Jokowi pun merasa heran, mengapa hal-hal yang muncul dari pengadilan tersebut seolah-olah melibatkan dirinya. "Itu isu pengadilan kok barangnya dikirim ke saya, nggak ada hubungannya," kata Jokowi usai membuka Forum Rektor Indonesia di Jakarta, Kamis (2/2) pagi.

Sebelumnya, penegasan serupa sudah disampaikan oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Ia menytakan, tidak pernah ada permintaan dari pihak Istana maupun Presiden untuk menyadap pembicaraan telepon SBY. (Baca: Istana Presiden Tegaskan Tak Pernah Minta Menyadap SBY)

Hal ini merupakan bentuk penghormatan terhadap SBY yang merupakan Presiden ke-6 Indonesia tersebut. "Tidak pernah ada permintaan ataupun instruksi penyadapan kepada beliau," kata Pramono usai Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta, Rabu (1/2).

Seperti diketahui, SBY mengeluhkan adanya informasi penyadapan terhadap dirinya saat berbicara melalui telepon dengan Ma'ruf Amin pada Oktober tahun lalu. Pembicaraan itu diduga juga membahas permintaan kepada MUI  terkait fatwa penistaan agama oleh Ahok. 

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...