Pengeboran Migas Nonkonvensional Hemat 90 Persen

Anggita Rezki Amelia
6 Februari 2017, 12:52
migas
Katadata

Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) blok migas nonkonvensional menyatakan sudah memiliki terobosan teknologi yang bisa menekan biaya pengeboran sumur gas metana batu bara (coal bed methane/CBM) hingga 90 persen. Teknologi ini bisa dilakukan karena sudah ada persetujuan dari pemerintah.

Join Venture and PGPA Manager Ephindo Energy Private Ltd Moshe Rizal Husin menjelaskan dengan teknologi yang baru ini, pengeboran sumur CBM bisa menggunakan rig tambang yang sudah ada di Indonesia. Dengan memanfaatkan rig tersebut, ongkos pengeboran sumur eksplorasi bisa ditekan dari US$ 2 juta per sumur menjadi hanya US$ 200 ribu per sumur.

Advertisement

Menurut Moshe, saat ini para KKKS migas nonkonvensional sudah mulai menggunakan rig tambang dalam pengeboran sumur. Sejak November 2016, Direktorat Jenderal Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memutuskan untuk membolehkan KKKS mengebor seefisien mungkin. KKKS tidak perlu harus menggunakan teknologi pengeboran yang mahal.

"Dengan terobosan teknologi ini dapat menekan biaya pengeboran sampai lebih dari 80-90 persen," kata dia kepada Katadata, Senin (6/2). (Baca: Pemerintah Harap Skema Gross Split Memacu Migas Nonkonvensional)

Sebelumnya pemain migas nonkonvensional masih mengacu kepada teknik pengeboran konvensional migas. Seiring berjalannya waktu, para pelaku usaha melakukan kajian terhadap keekonomian blok nonkonvensional.

Hasil kajian tersebut menyimpulkan bahwa teknologi pengeboran migas nonkonvesional di Indonesia tidak memungkinkan untuk disamakan dengan teknologi pengeboran konvensional. Kajian ini pun merekomendasikan teknologi lain untuk diterapkan dalam pengeboran sumur migas nonkonvensional.

Dengan teknologi ini, biaya pengeboran sumur CBM di Indonesia bisa bersaing dengan pengeboran sumur migas nonkonvensional di negara lain. Sebagai perbandingan ongkos pengeboran di Amerika Serikat dan Cina sekitar US$ 200 ribu – 300 ribu per sumur.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement