Harga Anjlok, Jokowi Minta Para Menteri Siapkan Tim Penyerap Gabah

Ameidyo Daud Nasution
20 Februari 2017, 20:10
Panen Padi Donang Wahyu | KATADATA
Panen Padi Donang Wahyu | KATADATA

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumpulkan beberapa menteri untuk membahas harga gabah yang anjlok di tingkat petani. Jokowi ingin bawahannya itu menyiapkan solusi jangka panjang.

“Pak Presiden minta ada jalan keluar soal ini (harga gabah)," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (20/02).

Selain Darmin, menteri lain yang juga hadir adalah Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, dan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. Selain itu ada juga Direktur Utama Perum Bulog Djarot Kusumayakti.

(Baca juga:  Pemerintah Salurkan Beras dan Gula Subsidi Lewat Kartu di 44 Kota)

Darmin menambahkan untuk solusi jangka panjang lainnya, pemerintah juga harus mempersiapkan pengering gabah ataupun gudang penyimpan yang memadai agar harga tidak jatuh saat musim penghujan seperti saat ini.

"Apalagi banyak yang sudah panen tapi kadar airnya terlalu tinggi," kata Darmin.

Selain itu, Pemerintah juga akan mengoptimalkan penyerapan gabah dari petani melalui tim khusus yang telah dibentuk. "Tinggal rapat paling lambat lusa, gerak cepat serap produksi petani," kata Menteri Pertanian Amran Sulaiman.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...