Tana Toraja Bakal Jadi Kawasan Wisata Prioritas

Ameidyo Daud Nasution
3 Maret 2017, 16:47
Wisata toraja
ANTARA FOTO/Zabur Karuru
Cinderamata miniatur rumah adat Toraja, Tongkonan, yang dijual di kawasan wisata Lemo, Tana Toraja, Sulawesi Selatan, 1 Januari 2017.

Pemerintah akan memasukkan Tana Toraja di Sulawesi Selatan dalam daftar 10 kawasan wisata prioritas. Hal ini dikatakan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya usai rapat dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Arief menceritakan dimasukkan Toraja ini tidak lepas setelah pengalaman Kalla berkunjung ke Lolai, Kecamatan Kapala Pitu, Kabupaten Toraja Utara beberapa waktu lalu. Dalam kesempatan tersebut Kalla sempat menikmati sarapan sambil menikmati panorama lolai yang terletak di pegunungan berselimut awan.

Arief menjelaskan usai kedatangan Kalla, angka kedatangan ke Lolai dan Toraja naik signifikan atau melebihi 1.000 wisatawan per hari. Inilah melatarbelakangi dimasukkannya Tana Toraja dalam daftar 10 destinasi wisata prioritas yang telah ada sebelumnya.

(Baca juga: Januari 2017, Kunjungan Turis Asing Melonjak 26,6 Persen)

"Jadi sekarang ada sepuluh plus satu," kata Arif di kantor Wakil Presiden, Jakarta, Jumat (3/3).

Untuk itu, Arief mengaku sudah berkoordinasi langsung dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk membenahi infrastruktur wilayah Toraja. Kedua kementerian pun setuju untuk segera membuat masterplan pengembangan infrastruktur Toraja.

"Rekan-rekan (Kementerian) PUPR juga sudah melaporkan (pengembangan Toraja)," kata Arief.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...