"Lapangan usaha pertambangan di Kaltim memang tumbuh positif, namun belum cukup mengangkat pertumbuhan ekonomi," kata Jokowi.
Presiden Jokowi
Arief Kamaludin|KATADATA

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap pembangunan proyek infrastruktur di Kalimantan Timur (Kaltim), bisa mendorong pertumbuhan ekonomi provinsi tersebut. Dengan adanya infrastruktur pendukung, sektor perekonomian Kaltim bisa meluas, tidak hanya mengandalkan usaha pertambangan. 

"Lapangan usaha pertambangan di Kaltim memang tumbuh positif, namun belum cukup mengangkat pertumbuhan ekonomi," kata Jokowi saat rapat terbatas mengenai evaluasi pelaksanaan Proyek Strategis Nasional dan Program Prioritas di Provinsi Kalimantan Timur, di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (9/3).

(Baca: Jokowi Minta Lampung Pacu Pertanian, Perkebunan dan Perikanan)

Pemerintah memang sedang menggenjot pembangunan infrastruktur nasional, salah satunya di Kaltim. Beberapa proyek infrastruktur yang sedang dibangun adalah Tol Balikpapan-Samarinda, Kereta Kalimantan Timur,  jalan Trans Kalimantan, serta pengembangan bandara. Kemudian proyek Kilang minyak di Bontang dan peningkatan kapasitas (upgrade) kilang PT. Pertamina (Persero).

Dengan dukungan proyek infrastruktur dari pemerintah, Jokowi meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim mulai mencari sektor alternatif yang potensial sebagai sumber perekonomian baru. Dia mencontohkan sektor perikanan, industri manufaktur, perkebunan, serta pertanian. Selain menambah daya pertumbuhan ekonomi, sektor ini mampu menyerap tenaga kerja banyak.

"Walaupun harga komoditas akan membaik lagi, namun harus (juga) mengembangkan sektor unggulan alternatif," kata Jokowi.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan pertumbuhan ekonomi Kaltim pada tahun lalu dapat dikatakan minus. Hal ini lantaran ketergantungan provinsi tersebut terhadap komoditas seperti batu bara dan kelapa sawit, yang harganya baru mulai membaik.

(Baca: Alami Ketimpangan, Sulteng Usul Kakao Masuk Program Strategis)

Makanya pemerintah meminta agar Pemprov Kaltim juga bisa mendorong percepatan pembangunan proyek infrastruktur yang sedang berjalan. "Kami berharap ada proyek strategis yang bisa ditindaklanjuti," kata Pramono.

Menurut Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak, sejumlah proyek infrastruktur yang sedang berjalan di daerahnya saat ini sudah hampir rampung. Salah satunya adalah proyek jalan tol Balikpapan-Samarinda yang ditargetkan selesai pada tahun depan.

Awang juga menyatakan pihaknya siap menyediakan lahan untuk proyek Kilang Bontang. "Cuma untuk Kilang Bontang itu urusan (pemerintah) pusat," katanya.