Temui Jokowi, Istri Orang Terkaya Dunia Bahas Rekening Tabungan

Ameidyo Daud Nasution
23 Maret 2017, 22:04
Jokowi Gates
Laily Rachev/Biro Pers Setpres
Presiden Joko Widodo dan beberapa menteri menerima kunjungan Co-Chair and Trustee of the Bill & Melinda Gates Foundation, Melinda Gates, di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (23/3).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Melinda Gates, yang merupakan istri orang terkaya di dunia saat ini, Bill Gates. Pertemuan tersebut membahas banyak hal, mulai dari bantuan sosial nontunai, pemberantasan penyakit demam berdarah, hingga inklusi keuangan dan jumlah rekening tabungan.

Melinda sudah mengunjungi sejumlah daerah di Indonesia sejak beberapa hari lalu dalam kapasitasnya sebagai Co-Chair and Trustee of the Bill & Melinda Gates Foundation. Adapun, pertemuan dengan Jokowi digelar di bandar udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (23/3), sebelum Presiden melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Kepulauan Riau.

Advertisement

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, yang ikut dalam pertemuan tersebut, mengatakan Melinda memuji Indonesia atas keberhasilannya menjalankan program Keluarga Berencana (KB). Sebab, program yang sudah dibesut sejak zaman Presiden Soeharto itu tak sekadar program pemerintah namun sekarang sudah diikuti sektor swasta.

Hasilnya dapat dirasakan pemerintah saat ini. "Sehingga pertumbuhan penduduk terkendali," kata Darmin. (Baca: Orang Kaya Dunia Bertambah, Didominasi Bos Perusahaan Teknologi)

Sedangkan Menteri Keuangan Sri Mulyani, yang turut menghadiri pertemuan itu, mengatakan Melinda juga mengapresiasi kerja sama yang dilakukan antara Universitas Gadjah Mada dengan John Hopkins University dalam penanganan penyakit demam berdarah dan pemberantasan nyamuk.

Kemajuan penelitian ini bukan hanya bermanfaat bagi Indonesia dan Amerika Serikat (AS), namun bagi negara lain yang menghadapi demam berdarah. "Jadi kemajuan bukan buat Indonesia saja, tapi buat negara lain juga," kata Sri Mulyani.

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement