Pemprov DKI Petakan Titik Prioritas Tanggul Jakarta

Miftah Ardhian
27 Maret 2017, 19:19
Tanggul Laut
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Pekerja menyelesaikan pembangunan tanggul laut di Kawasan Pelabuhan Muara Baru, Jakarta. Pembangunan tanggul laut itu untuk mengantisipasi banjir rob akibat air laut pasang di kawasan itu.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengusulkan beberapa titik prioritas dalam pembangunan tanggul pantai. Proyek tersebut bakal dikerjakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono mengatakan, titik prioritas itu akan dipetakan menurut potensi terjadinya banjir rob. "Seperti di Tempat Pelelangan Ikan Kamal Muara, Muara Angke, Pantai Mutiara, Pluit, Muara Baru, Sunda Kelapa, Ancol, Kali Ancol sampai Jalan Lodan, Kali Baru, dan sebagainya," ujar Sumarsono saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Senin (27/3).

Setelah memastikan lokasi tanggul yang akan dibangun, pemerintah akan menyusun jadwal pengerjaan proyek tersebut hingga rampung.

(Baca juga: Demi Reklamasi, Luhut Minta Disiapkan Pulau Khusus Nelayan)

Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono menyatakan bahwa instansinya mendapat penugasan untuk menyelesaikan pembangunan tanggul pantai di Teluk Jakarta. Penugasan itu diputuskan dalam rapat koordinasi yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan bersama dengan Menteri Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Siti Nurbaya di Jakarta, Kamis (9/3) lalu.

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...