Stok Beras, Gula, Minyak Goreng dan Daging Dijamin Aman Hingga Lebaran

Image title
13 April 2017, 13:48
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita
Arief Kamaludin|KATADATA

Menteri Pertanian Amran Sulaiman dan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita hari ini meninjau beberapa pasar tradisional. Keduanya memastikan stok bahan pokok seperti beras, gula, minyak goreng dan daging sapi aman hingga Lebaran.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan stok beras di Gudang Bulog saat ini mencapai 2 juta ton lebih. Selain itu stok gula saat ini berada di angka 360 ribu ton dan stok daging sapi mencapai 40 ribu ton. Sementara stok minyak goreng telah disiapkan lebih dari 1 juta ton.

Advertisement

“Kesimpulannya stok aman hingga lebaran,” kata Menteri Pertanian Amran Sulaiman usai kunjungan ke Pasar Senen, Pasar Rawamangun, dan Pasar Induk Cipinang Jakarta, Kamis (13/4).

(Baca juga: Supermarket Akan Jual 3 Bahan Pangan dengan Harga Acuan Pemerintah)

Pengumuman soal kecukupan stok bahan pokok oleh Amran ini dimaksudkan untuk mencegah spekulan memainkan harga. Sebab, dengan stok yang memadai, pemerintah dapat langsung mengintervensi dengan operasi pasar saat harga naik.

Selain itu, Kementerian Perdagangan juga berupaya mencegah penimbunan dengan mewajibkan distributor mendaftarkan gudang dan melaporkan barang yang disimpannya secara rutin. Hal ini diatur dalam Peraturan Menteri Perdagangan nomor 20 tahun 2017 Tentang Pendaftaran Pelaku Usaha Distribusi Barang Kebutuhan Pokok yang mulai berlaku 3 April 2017.

 “Seluruh distributor, sub distributor dan agen wajib mendaftardan menyebut posisi stoknya. Kalo tidak mendaftar dengan baik, nanti kita tidak akan bolehkan dia berjualan lagi,” kata Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita pada kesempatan yang sama.

Halaman:
Reporter: Muhammad Firman
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement